Analisis Perencanaan Modul Oprasional Sekolah Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SD IT Ummatan Wahidah Rejang Lebong

reci, Reci and Harmi, hendra and Sumarto, sumarto (2024) Analisis Perencanaan Modul Oprasional Sekolah Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SD IT Ummatan Wahidah Rejang Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ANALISIS PERENCANAAN MODUL OPRASIONAL SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SD IT UMMA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Konsep Kurikulum Merdeka Belajar menekankan pada pengembangan karakter dan keterampilan kompetensi, Namun, implementasinya dihadapkan pada berbagai kendala, seperti keterbatasan sumber daya dan kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan peserta didik. Studi kasus di SDIT Ummatan Wahidah Rejang Lebong menggambarkan tantangan dan upaya dalam perencanaan kurikulum operasional yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan potensi lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan kurikulum di sekolah dalam mengadopsi Kurikulum Merdeka. Dengan fokus pada analisis, implementasi, dan dampaknya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, subjek penelitian melibatkan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan Guru. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification, mengikuti model Miles dan Huberman. Keabsahan data diuji melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian membahas analisis penyusunan kurikulum operasional dan implementasi Kurikulum Merdeka di SD Islam Terpadu Ummatan Wahidah Rejang Lebong bahwa penyusunan kurikulum operasional melibatkan analisis kebutuhan siswa dan masyarakat, serta standar nasional dan lokal yang selaras dengan visi-misi sekolah. Proses ini melibatkan partisipasi aktif dari berbagai pihak dan evaluasi berkala untuk memastikan relevansi dan efektivitas kurikulum. Implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Ummatan Wahidah Rejang Lebong mencakup pelatihan guru, penyesuaian kurikulum, dan penggunaan metode pembelajaran aktif serta kolaboratif.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
reci, Recireci.mhs@iaincurup.ac.id
Harmi, hendraharmi@iaincurup.co.id
Sumarto, sumartomenejemeno@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:58
Last Modified: 30 Jul 2024 03:58
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7104

Actions (login required)

View Item View Item