Efektivitas Metode Ummi terhadap Keterampilan Menghafal Al-Qur’an dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis pada Peserta Didik Kelas III di MIS GUPPI No.13 Tasik Malaya

Nurani, Tri and Mahfuz, Mahfuz and Yulizah, Yosi (2024) Efektivitas Metode Ummi terhadap Keterampilan Menghafal Al-Qur’an dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis pada Peserta Didik Kelas III di MIS GUPPI No.13 Tasik Malaya. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Full Text.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat peserta didik yang menghafal Al-Qur’an masih menggunakan tulisan bahasa Indonesia bukan bahasa arab. Oleh karena itu dibutuhkanya solusi yaitu dengan menggunakan metode ummi dalam proses pembelajaran Al-Qur’an hadis. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mengetahui bagaimana keterampilan menghafal Al-Qur’an sebelum menggunakan metode ummi 2) Mengetahui bagaimana keterampilan menghafal Al-Qur’an setelah menggunakan metode ummi 3) Mengetahui bagaimana metode ummi terhadap keterampilan menghafal Al-Qur’an dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pada peserta didik kelas III di MIS GUPPI No.13 Tasik Malaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Pre-Experimen Design tipe One Group Pretest-posttest yang terdiri dari satu kelompok dengan melakukan tes awal (Pre-test) dan tes akhir(Post-test). Metode dalam pengumpulan data meliputi non tes, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 37 orang dengan sampel 20 orang, menggunakan teknik purpose sampling. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas uji N Gain dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa : tes awal (Pre-test) yang didapatkan dari siswa yang berjumlah 20 orang yang memilki nilai rata-rata keterampilan menghafal Al-Qur’an 57,25 Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki nilai rata-rata keterampilan menghafal Al-Qur’an sebelum menggunakan metode ummi masih rendah, sedangkan tes akhir (Post-test) didapatkan dari 20 orang yang memiliki nilai rata-rata keterampilan menghafal Al-Qur’an 86,57 Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki nilai rata-rata keterampilan menhafal Al-Qur’an setelah menggunakan metode ummi meningkat. Dilihat dari hasil uji N gain dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Metode ummi terhadap keterampilan menghafal Al-Qur’an tidak efektif dengan dibuktikan dari nilai rata-rata presentase N-gain persen yaitu 15,27 < 40. Berdasarkan perhitungan uji paired sampel t test didapatkan t_hitung≥ t_tabel yaitu 12,62 ≥ 1,729. Berdasarkan pengujian hipotesis ketentuan yang berlaku maka H_a diterima dan H_oditolak yang artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikansi metode ummi terhadap keterampilan menghafal Al-Quran. Kata Kunci : Metode Ummi, Keterampilan Menghafal Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nurani, Tritri.mh@iaincurup.ac.id
Mahfuz, MahfuzMahfuz@iaincurup.ac.id
Yulizah, Yosichieyosi@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 30 Jul 2024 07:57
Last Modified: 30 Jul 2024 07:57
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7101

Actions (login required)

View Item View Item