Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD IT RR 02 Curup

SOFARINA SISKA, LUTHFI and Palupi Putri, Dini and Irsal, Irni Latifa (2024) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD IT RR 02 Curup. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
LUTHFI SOFARINA SISKA.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK LUTHFI SOFARINA SISKA, NIM 20591104, “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD IT RR 02 Curup”, Skripsi pada Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Pembelajaran berdiferensiasi adalah proses belajar yang memberikan kesempatan peserta didik untuk mempelajari pelajaran sesuai dengan gaya, minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam pelajaran matematika kelas IV SD IT RR 02 Curup, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran berdiferensiasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran matematika kelas IV SD IT RR 02 Curup. Peneliti ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitiaan yang sifatnya penelitian lapangan. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru matematika dan siswa kelas IV di SD IT RR 02 Curup. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan data dilakukan dengan triagulasi teknik, triagulasi sumber dan triagulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka ini terdapat tiga aspek pembelajaran penting yang terdapat dalam pembelajaran berdiferensiasi ketiga aspek tersebut yaitu aspek konten/ isi, aspek proses, dan aspek produk, (2) Faktor pendukung pembelajaran berdiferensiasi yaitu tersedianya media pembelajaran, buku belajar. dan terdapat juga Faktor penghambat pembelajaran berdiferensiasi yaitu kurangnya sarana dan prasarana dan waktu yang digunakan guru sangat terbatas dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Kata Kunci : Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
SOFARINA SISKA, LUTHFIluthfi.mhs@iaincurup.ac.id
Palupi Putri, Dinidinipalupiputri@iaincurup.ac.id
Irsal, Irni Latifairni.latifa@iaincurup.ac.id
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:15
Last Modified: 30 Jul 2024 03:15
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7098

Actions (login required)

View Item View Item