Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar

wisnata, anggia and Palupi Putri, Dini and Irsal, Irni Latifa (2024) Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
ANGGIA WISNATA 20591016.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK ANGGIA WISNATA, NIM.20591016 “Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar” Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya keberagaman kemampuan komunikasi matematis siswa, berdasarkan tes awal kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh 25% siswa dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi, 35% sedang dan 40% rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis yaitu adanya interaksi sosial. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui interaksi sosial siswa kelas V di SDN 7 Rejang Lebong, 2) Mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V di SDN 7 Rejang Lebong, 3) Mengetahui pengaruh interaksi sosial terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V di SDN 7 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan metode korelasi. Subjek penelitian ini siswa kelas V SDN 7 Rejang Lebong yang berjumlah 18 siswa dengan menggunakan teknik Random Sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, angket dan observasi serta teknik analisis data berupa uji normalitas,uji linearitas dan uji hipotesis dengan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Interaksi sosial siswa kelas V di SDN 7 Rejang Lebong berada pada kategori sedang yang artinya bahwa siswa mampu melakukan interaksi sosial dengan cukup baik, 2) Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V di SDN 7 Rejang Lebong berada pada kategori sedang yang artinya siswa mampu melakukan kemampuan komunikasi matematis dengan cukup baik, 3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh interaksi sosial terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V di SDN 7 Rejang Lebong, hal ini terlihat pada siswa yang memiliki kemampuan interaksi sosial yang baik maka kemampuan komunikasi matematisnya juga baik, begitupun sebaliknya. Besarnya pengaruh yang diperoleh yaitu sebesar 69% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: Interaksi Sosial, Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
wisnata, anggiaanggia.mhs@iaincurup.ac.id
Palupi Putri, Dinidinipalupiputri@iaincurup.ac.id
Irsal, Irni Latifairni.latifa@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: . Akun 9
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:09
Last Modified: 30 Jul 2024 03:09
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7096

Actions (login required)

View Item View Item