Penerapan Ice Breaking dan Implikasinya Terhadap Motivasi Serta Minat Belajar pada Mata Pelajaran PAI di SDIT Khoiru Ummah

LARASI WATIA, laras and Idi, Warsah and Amrullah, Amrullah (2024) Penerapan Ice Breaking dan Implikasinya Terhadap Motivasi Serta Minat Belajar pada Mata Pelajaran PAI di SDIT Khoiru Ummah. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
cinta (1).pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam penerapan Ice Breaking yang diberikan oleh guru akan dapat mempengaruhi keberhasilan dalam pembelajaran, hal ini dikarenakan penerapan Ice Breaking sebelum dimulainya pembelajaran dapat meningkatkan Motivasi dan minat belajar dari peserta didik, maka dari itu adanya motivasi dan minat belajar peserta didik akan menjadi terciptanya suasana kelas yang menyenangkan sehingga tujuan dari pembelajaran di dalam kelas dapat tercapai sebagaimana semestinya. Mengetahui lebih lanjut terkait permasalahan-permasalahan dalam penelitian ini, dimana peneliti ingin mengetahui penerapan Ice Breaking mendalam sehingga dapat meningkatkan Motivasi dan minat belajar pada peserta didik penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Yaitu penelitian yang bertujuan melakukan studi yang mendalam mengenai suatu unit sosial sedemikian rupa, sehingga menghasilkan gambaran yang terorganisir dengan baik dan lengkap mengenai unit sosial tersebut. Sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan dibahas yaitu tentang Penerapan Ice Breaking dan Implikasinya terhadap motivasi serta minat belajar pada peserta didik pada mata pelajaran PAI di SDIT Khoiru Ummah. Maka peneliti memilih jenis penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Kesimpulan dari hasil pembahasan pada bab sebelumnya menyatakan bahwa: Dari hasil pembahasan pada bab sebelumnya penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama motivasi serta minat belajar pada Mata Pelajaran PAI di SDIT Khoiru Ummah bahwa masih menunjukkan rendah dan kurang semangat dalam belajar pada mata pelajaran PAI Dari hasil wawancara dan domentasi maka dapat di simpulkan dalam motivasi dan minat belajar pada mata pelajaran PAI di kelas 1,2,3,4 dan 5 memiliki motivasi dan minat yang berbeda-beda pada siswa dan siswi ada masih menunjukkan rendah sedang dan tinggi Kedua dalam penerapan Ice Breaking di SDIT Khoiru Ummah tidak hanya mengikuti praktik-praktik yang umum, tetapi juga terdapat landasan teoritis yang kuat. Ice Breaking diimplementasikan sebagai strategi yang terencana untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa dalam mata pelajaran PAI, sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan dalam konteks pendidikan di sekolah tersebut. Ketiga kemudian implikasi penerapan Ice Breaking sebelum pembelajaran di SDIT Khoirul Ummah memiliki dampak yang positif terhadap motivasi belajar siswa Ice Breaking membantu meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menciptakan suasana yang menyenangkan dan interaktif sebelum pelajaran dimulai di hubungkan dengan pembelajaran dan di akhir pembelajaran. Kata Kunci : Ice Breaking, Motivasi dan Minat.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
LARASI WATIA, laraslarasiwatia@students.iaincurup.ac.id
Idi, Warsahidiwarsah@iaincurup.ac.id
Amrullah, Amrullahamrullah@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:15
Last Modified: 14 Aug 2024 02:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7093

Actions (login required)

View Item View Item