Strategi Guru Tahsin di Kelas Rendah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Al-Qur’an Peserta Didik SD Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup

Herdiansyah, Herdiansyah (2024) Strategi Guru Tahsin di Kelas Rendah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Al-Qur’an Peserta Didik SD Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Revisi Tesis Herdi Fix Bismillah.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini di latar belakangi oleh sebagian peserta didik di kelas rendah SD Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup memiliki motivasi belajar membaca Al-Quran yang rendah. Hal ini di tunjukkan dengan adanya peserta didik yang bermain-main, mengantuk, tidak fokus saat belajar membaca Al�Qur’an, dan ada juga yang kesulitan dalam menyebutkan dan mengingat huruf�huruf Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk menganalisis lebih dalam motivasi belajar membaca Al-Qur’an peserta didik di kelas rendah SD Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup (2) Untuk menganalisis lebih dalam strategi guru tahsin di kelas rendah dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an peserta didik SD Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru tahsin kelas rendah SD Unggulan ‘Aisyiyah Taman Harapan Curup, ummi wali kelas SD Unggulan ‘Aisyiyah Taman Harapan Curup, dan peserta didik kelas rendah. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi serta uji kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber, teknik (metode). Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa : (1) Motivasi belajar membaca Al-Qur’an peserta didik yang memiliki motivasi rendah di SD Unggulan ‘Aisyiyah Taman Harapan Curup ditandai dengan kemampuan belajarnya yang rendah seperti susah dalam menyebutkan huruf hijaiyah, memiliki perilaku yang kurang baik seperti ribut dikelas, tidak memperhatikan pelajaran, tidak dapat mengembangkan keterampilannya seperti kesulitan saat membaca sambil menulis dan diiringi irama, memiliki gangguan pada kondisi fisik, psikis, dan lingkungan belajar. (2) Strategi guru tahsin di kelas rendah yaitu mendidik dengan berpedoman pada tujuan pembelajaran tahsin, mendorong aktivitas fisik dan psikis peserta didik seperti belajar sambil bermain, memberikan perhatian lebih khusus dengan berkolaborasi kepada wali kelas dan orang tua, Konsisten dalam mengembangkan penilaian pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kata Kunci : Strategi Guru Tahsin, Motivasi Belajar, Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Herdiansyah, Herdiansyahherdiansyah@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 30 Jul 2024 07:45
Last Modified: 26 Aug 2024 03:04
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7092

Actions (login required)

View Item View Item