Strategi Guru dalam Membina Siswa Kelas V Yang Berperilaku Hiperaktif Di SD It Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong

okta rizki, wulan and Ratnawati, Ratnawati and Mina Putra, Muksal (2024) Strategi Guru dalam Membina Siswa Kelas V Yang Berperilaku Hiperaktif Di SD It Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
WULAN OKTA RIZKI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dilatarbelakangi oleh siswa hiperaktif yang lebih cenderung terlihat aktif di kelas dari pada siswa lainnya, sering menggangu teman, dan sulit untuk dikendalikan diri. Oleh karena itu guru harus mempunyai strategi pengajaran yang tepat dalam rangka menyajikan dan memantapkan bahan pelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam membina anak hiperaktif di kelas V SDIT Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Subjek Penelitian ini adalah Guru kelas V serta Waka Kurikulum SDIT Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Adapun uji keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa:(1)Jenis Karakteristik anak hiperaktif di SDIT Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong diantaranya yaitu : (a) Attention Disorder ataumudah terganggu oleh rangsanganluar, yaitu siswa mudah teralihkan perhatiannya, (b) Planning Disorder, yaitu siswa mengerjakan tugas yang diberikan dengan cepat tanpa berpikir terlebih dahulu (c) Motoric Hyperactivity atau aktifitas fisık yang dilakukan secara terus menerus, yaitu siswa sulit untuk bersikap tenang dalam mengikuti pembelajaran dikelas. (2) Strategi guru dalam menangani anak hiperaktif sebagian sudah sesuai dengan teori yang telah dikemukakan oleh beberapa tokoh, yang mana strategi strateginya yaitu : (a) Dengan teknik penataan tempat duduk, (b) menghindari menempatkan anak ADHD didekat dengan jendela, (c) Tidak memberikan hukuman yang terlalu berat dan (d)Melakukan kontrak diawal pembelajaran. Kata Kunci : Strategi, Anak Hiperaktif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
okta rizki, wulanwulanoktarizki.mhs@iaincurup.ac.id
Ratnawati, Ratnawatiratnawati@iaincurup.ac.id
Mina Putra, Muksalmuksalminaputra@iain.curup.ac.ad
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BD Speculative Philosophy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 29 Jul 2024 08:26
Last Modified: 14 Aug 2024 07:55
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7081

Actions (login required)

View Item View Item