Efektivitas Penggunaan Metode Trachtenberg Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Satuan Waktu Siswa Kelas III SD Negeri 04 Rejang Lebong

Anthoni, Alam Qurniawan and Bahri, Syaiful and Fransiska, Jenny (2024) Efektivitas Penggunaan Metode Trachtenberg Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Satuan Waktu Siswa Kelas III SD Negeri 04 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FullText.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pada penelitian ini ditemukan bahwa tidak sedikit siswa yang menganggap bahwa matematika sulit dipelajari sehingga membuat siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi dan menyelesaikan persoalan-persoalan pada materi satuan waktu yang terkait dengan perhitungan perkalian yang berdampak pada hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 04 Rejang Lebong rendah. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, peneliti ingin mencoba menggunakan metode trachtenberg untuk mengatasi masalah tersebut pada siswa kelas III SD Negeri 04 Rejang Lebong. Jenis penelitain yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan True Experimental, dan menggunakan desain penelitian One Group Pre-Test Post-Test Design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III A yang berjumlah 22 siswa sebagai sampel penelitian dengan mengumpulkan data menggunakan teknik tes (pre-test dan post-test) dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat pre-test, nilai siswa tidak ada yang mencapai KKM 70. Selanjutnya, setelah diberikan perlakuan yaitu penerapan metode trachtenberg, hasil belajar siswa mengalami kenaikan secara bertahap pada setiap pertemuan. Dan pada saat post-test, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu terdapat 15 siswa yang mencapai nilai KKM. Maka, hasil belajar siswa setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan metode trachtenberg dapat dikatakan mengalami kenaikan yang dapat dilihat dari nilai rata-rata pre-test sebesar 32,27 yang meningkat pada nilai rata-rata post-test sebesar 70,45. Pada pengujian N-gain Score menunjukkan rata-rata N-gain Score 0,5637 yang masuk dalam kategori sedang. Pada kategori tafsiran efektivitas rata-rata N-gain persen menunjukkan persentase 56% yang berada dalam tafsiran cukup efektif. Kata kunci: Metode Trachtenberg, Matematika, Satuan Waktu, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anthoni, Alam Qurniawanalam.mhs@iaincurup.ac.id
Bahri, Syaifulsyaiful@iain.curup.ac.id
Fransiska, Jennyjennyfransiska@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 29 Jul 2024 08:30
Last Modified: 29 Jul 2024 08:30
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7057

Actions (login required)

View Item View Item