Pengaruh Media Pop Up Book berbasis paint X Dalam meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 1 Rejang Lebong

Bagaskara, Wali and Nasution, Aida Rahmi and Yulizah, Yosi (2024) Pengaruh Media Pop Up Book berbasis paint X Dalam meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 1 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI WALI BENAR Kaset.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Wali Bagaskara, NIM. 20591200 “Pengaruh Media Pop Up Book Berbasis Paint X Dalam Meningkatkan Kemampuan membaca pemahaman Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 1 Rejang Lebong” Pada kelas IV, pengajaran yang dominan dengan metode konvensional dalam pemberian tugas, yang mengakibatkan suasana belajar menjadi monoton dan sulit dimengerti oleh siswa. Kemampuan membaca pemahaman siswa yang rendah mungkin disebabkan dari metode pengajaran yang kurang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: 1). Untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman sebelum di terapkan media pop up book berbasis paint x di kelas IV SD Negeri 1 Rejang Lebong 2). Untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman setelah di terapkan media pop up book berbasis paint x di kelas IV SD Negeri 1 Rejang Lebong3.Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop up book berbasis Paint X terhadap kemampuan membaca pemahaman kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 1 Rejang Lebong. Penelitian ini memanfaatkan penelitian eksperimen yaitu Quasi-eksperimental desain dengan jenis two group pretest-posttest design. Teknik mengumpulkan data dalam penelitian ini meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini diambil secara teknik sample random yaitu kelas IV A dan IV B itu berjumlah 40 siwa di SD Negeri 1 Rejang Lebong. Teknis analisis data yang dimanfaatkan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji paired sample t test berbantuan aplikasi statistical package for social sciences 25 (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Berdasarkan hasil menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media pop up book berbasis Paint X terhadap kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 1 Rejang Lebong. Terdapat pengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas IV A dan IV B yaitu post-tes eksperimen lebih tinggi dari post-test konvensional, dengan post-test eksperimen 79,75 dan post-test konvensional 63,75. 2) pengaruh penggunaan media pop up book berbasis Paint X terhadap kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 1 Rejang Lebong. Hasil penelitian ini juga menunjukkan nilai signifikasi (2 tailed) = 0,00 ≤ 0,05 sesuai dengan kriteria uji t tes jika signifikasi (2 tailed) lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolah H₁ diterima. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan media pop up book berbasis paint x dikatakan dapat memberikan pengaruh penggunaan media pop up book berbasis Paint X terhadap kemampuan membaca pemahaman kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 1 Rejang Lebong. Kata Kunci: Pop Up Book Berbasis Paint X, Kemampuan membaca pemahaman, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Bagaskara, Waliwali.mhs@iaincurup.ac.id
Nasution, Aida Rahmiaidarahminasution@iaincurup.ac.id
Yulizah, Yosichieyosi@iaincurup.ac.id
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PZ Childrens literature
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: . Akun 9
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:15
Last Modified: 29 Jul 2024 03:15
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7038

Actions (login required)

View Item View Item