Kreativitas Guru Mengajar Dalam Pengembangan Literasi Peserta Didik di Ra Tunas Literasi Qur’ani

Suriyanti, Suriyanti and Fakhruddin, Fakhruddin and Nurmal, Ifnaldi (2024) Kreativitas Guru Mengajar Dalam Pengembangan Literasi Peserta Didik di Ra Tunas Literasi Qur’ani. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
TESIS FULL SURIYANTI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Anak usia 4 sampai 5 tahun masih memerlukan banyak olah raga untuk pertumbuhan fisiknya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan serta menganalisis Kreativitas guru mengajar dalam pengembangan literasi peserta didik di RA tunas literasi qur’ani Tasik Malaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan case study. Sumber data dalam penelitian ini data primer yaitu Kepala sekolah dan dengan 9 guru dan 7 wali santri di RA, dan data sekunder berupa dokumentasi, RPPH yang disusun oleh guru, buku-buku tema, buku jilid LKA artikel, dan jurnal. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru mengajar, dan wali santri RA Tunas Literasi Qurani Tasik Malaya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1). Bentuk Kreativitas Guru Mengajar Dalam Pengembangan literasi menulis berbeda-beda cara yang dilakukan guru kelas, metode, menulis LKA, bermain, teknik kolase, puzzle huruf hijaiyah, dan menebalkan garis pada huruf hijaiyah, teknik meng-cap dengan pewarna dll. 2). bentuk kreativitas pengembangan literasi membaca huruf dan angka hijaiyah yaitu ada 4 bentuk kreativitas di antaranya pertama pembiasan membaca al-quran setiap hari dengan metode iqro, kedua pemutaran murotal setiap hari dengan menggunakan metode ummi versi anak-anak, ketiga pengulangan membaca dengan metode lagu, keempat puzzle hijaiyah. 3). bentuk kreativitas guru dalam pengembangan literasi berbicara/mengucapkan ada 2 yaitu pertama bermain kartu hijaiyah, kedua pembiasaan bacaan sholat dengan suara di keraskan. 4). bentuk kreativitas guru mengajar dalam pengembangan literasi menyimak di RA tunas literasi qurani yang dilakukan guru dalam mengenalkan huruf hijaiyah ialah ada 4 cara di antara nya: Pertama Berdongeng cerita islami, kedua bernyanyi, ke tiga bermain, keempat pemutaran audio setiap hari pada surah-surah pendek yang diajarkan pada anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Suriyanti, Suriyantisuriyanti@students.iaincurup.ac.id
Fakhruddin, Fakhruddinfakhruddin@iaincurup.ac
Nurmal, Ifnaldiifnaldi1965@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, TK, Pengembangan Kemampuan Literasi Qur’ani
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: . Akun 9
Date Deposited: 29 Jul 2024 01:18
Last Modified: 29 Jul 2024 01:18
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7030

Actions (login required)

View Item View Item