Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Siswa dalam Penyelesaian Tugas-tugas Akademik (Studi Pada Siswa SMPN 1 Rejang Lebong)

Nurlatifah, Nurlatifah and Purnamasari, Dewi and Putra, Hastha Purna (2024) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Siswa dalam Penyelesaian Tugas-tugas Akademik (Studi Pada Siswa SMPN 1 Rejang Lebong). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Full Skripsi Nurlatifah.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Tugas akademik bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, dan prestasi siswa di sekolah. Penting untuk memahami berbagai faktor yang mempengaruhi siswa menyelesaikan tugas mereka agar dapat mengembangkan strategi penanganan yang efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi siswa dalam mengerjakan tugas akademik, termasuk jenis tugas, teknik pengerjaan, dan faktor-faktor lain yang berperan dalam proses ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan data primer dari observasi dan wawancara terhadap siswa sebagai informan kunci. Data sekunder yang digunakan adalah bahan pustaka seperti jurnal, buku, skripsi, dan sumber dari internet. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta menggunakan teknik keabsahan data melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Siswa sering diberi tugas akademik seperti IPA, Bahasa Inggris, PAI, Matematika, PPKN, dan Bahasa Indonesia. Jumlah tugas tergantung pada tema pelajaran, dengan berbagai jenis seperti soal latihan, ujian formatif, makalah dan PPT, quiz, ulangan, PR, penugasan berbasis keterampilan, dan kolaboratif. Pengerjaan tugas bisa dilakukan di rumah atau sekolah, baik secara individu maupun kolaboratif. 2) Secara umum, tugas dikerjakan di sekolah dan PR dilakukan di rumah, namun terkadang ada kasus di mana PR seharusnya dilakukan di rumah tetapi dilakukan di sekolah. Durasi pengerjaannya bervariasi dari singkat hingga beberapa hari. Siswa sering mengalami kesulitan jika jenis tugas tidak sesuai dengan yang dijelaskan, dan dalam tugas kelompok beberapa anggota tidak aktif. Tugas-tugas ini sering dikumpulkan tanpa direview kembali dan dipelajari menjelang ujian. Siswa umumnya belajar hanya saat ada tugas atau menjelang ujian. 3) Faktor pengerjaan tugas lebih ke eksternal diri siswa, alasan pengerjaan karena metode pembelajaran menyenangkan, sumber materi dari buku pegangan dan internet, strategi pengerjaan belum efektif dan pengaturan waktunya belum baik dengan kesulitan tugas pada beberapa tema tertentu. Kata Kunci: Faktor Penyelesaian Tugas, Tugas Akademik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nurlatifah, Nurlatifahnurlatifah.mhs@iaincurup.ac.id
Purnamasari, Dewidewipurnamasari@gmail.com
Putra, Hastha Purnahasthapurnaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:40
Last Modified: 14 Aug 2024 08:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7022

Actions (login required)

View Item View Item