Tipe Kepemimpinan Kepala Madrasah Yang Menerapkan Sistem Demokratis dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru di Mts Qur’aniyah Mataram

Sobirin, Ahmad and Sahib, Abdul and Bahri, Syaiful (2024) Tipe Kepemimpinan Kepala Madrasah Yang Menerapkan Sistem Demokratis dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru di Mts Qur’aniyah Mataram. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi tipe kepemimpinan kepala madrasah yang menerapkan sistem demokratis dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Qur''aniyah Mataram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana kepemimpinan kepala madrasah di MTs Qur’aniyah Mataram, bagaimana kinerja guru di MTs Qur’aniyah Mataram, dan apa saja kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Qur’aniyah Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, owawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, waka humas, guru dan siswa. Adapun teknik pengelolahan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan demokratis diimplementasikan melalui partisipasi aktif guru dalam pengambilan keputusan, kinerja guru dengan melakukan kegiatan pelatihan yang diberikan akses oleh kepala madrasah. Kendala yang dihadapi untuk meningkatkan semangat guru, kepala madrasah memberikan akses berupa pelatihan teknologi pendidikan. Kata Kunci : Kepemimpinan Demokratis, Kepala Madrasah, Kinerja Guru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sobirin, Ahmadahmadsobirin.mhs@iaincurup.ac.id
Sahib, Abdulabdulsahib@iaincurup.ac.id
Bahri, Syaifulsyaiful@iain.curup.ac.id
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:46
Last Modified: 19 Aug 2024 08:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7007

Actions (login required)

View Item View Item