Strategi Bank Syariah Indonesia KCP Curup Dalam Mempertahankan UMKM Melalui KUR Di Tabak Karai

Saputra, Anja and Umam Khudori, Khairul and Wijaya, Harianto (2024) Strategi Bank Syariah Indonesia KCP Curup Dalam Mempertahankan UMKM Melalui KUR Di Tabak Karai. Sarjana thesis, Institud Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI DONE ANJA (1)[1] (1)(1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Strategi mempertahankan adalah salah satu faktor penting bagi perbankan dalam mempertahankan nasabah UMKM. Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) selama ini ternyata diakui berbsagai pihak cukup besar dalam perekonomian nasional. Bank syariah Indonesia cabang curup merupakan salah satu kantor cabang Bank syariah indonesia pelaksana program KUR Persaingan yang ketat mengharuskan Bank Syariah indonesia KCP curup untuk memiliki strategi mempertahankan nasabah dalam program kur UMKM lama agar tidak berpindah ke program KUR yang ditawarkan oleh bank lain. namun terdapat beberapa masalah yang di hadapi BSI nasabah yang jauh seperti nasabah yang berada di Tebat karai yang mana outlet beradah jauh tanpa interaksi personal dapat menjadi sulit dilakukan ini dapat mengurangi Tingkat kepercayaan dan tanpa interaksi langsung bank mungkin kesulitan dalam memahami kebutuhan nasabah dan preferensi nasabah ini dapat mengakibatkan pemberian layanan yang kurang sesuai dengan kebutuhan nasabah seperti proses transaksi pembiayaan KUR yang rumit atau tidak efesien dapat membuat nasabah yang berada jauh menjadi enggan menggunakan layanan bank tersebut Penelitia|n ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam mempertahankan nasabah UMKM di tengah persaingan industri perbankan yang semakin ketat. Pendekatan yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BSI menerapkan beberapa strategi utama untuk mempertahankan nasabah, antara lain penawaran KUR yang kompetitif, peningkatan aksesibilitas, dan pelayanan yang ramah,memberikan informasi yang akurat, dan yang terahir pemantauan dan pendampian, Peningkatan kualitas layanan dilakukan melalui penerapan teknologi terkini seperti BSI mobile untuk mempermudah transaksi perbankan. dengan menyesuaikan produk perbankan syariah sesuai dengan kebutuhan dan preferensi nasabah. Selain itu, dalam meningkatkan kepuasan dan kepercayaan nasabah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi dari layanan berkualitas tinggi, dan peningkatan aksebilitas, dan menjalin komunikasi yang baik untuk selalu terbuka dan transparan dalam setiap interaksi dengan nasabah dan memberikan layanan yang terbaik ke nasabah dapat membantu hubungan jangka Panjang secara signifikan membantu BSI dalam mempertahankan nasabahnya. Kata Kunci: Strategi mempertahankan nasabah, Bank Syariah Indonesia,kur

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Saputra, Anjaanja.mhs@iaincurup.ac.id
Umam Khudori, Khairulkhairulumamkhudori@iaincurup.ac.id
Wijaya, Hariantohariantowijaya@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:15
Last Modified: 17 Oct 2024 03:50
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6964

Actions (login required)

View Item View Item