Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Facebook (Studi Kasus Pemasaran Produk Pada Akun Facebook @Mentari Buah)

Abdullah, Windo and Anrial, Anrial and Kurnia Syaputri, Intan (2024) Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Facebook (Studi Kasus Pemasaran Produk Pada Akun Facebook @Mentari Buah). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
WINDO ABDULLAH.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Salah satu langkah awal yang sangat penting dalam mengenalkan sebuah produk kepada konsumen adalah strategi komunikasi pemasaran, dimana hal ini sangat erat kaitannya dengan keuntungan yang akan diperoleh penjual nantinya. Baik online maupun pemasaran secara langsung, strategi komunikasi sangatlah perlu dilakukan. Sedangkan Salah satu media sosial yang banyak digunakan adalah facebook yang merupakan sebuah aplikasi media yang memungkinkan users untuk mengambil foto, menerapkan filter digital serta mengunggah dan membagikannya. Fenomena ini digunakan oleh salah satu pelaku bisnis perdagangan yaitu Mentari Buah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui statregi komunikasi pemasaran apa yang digunakan oleh toko Mentari Buah dalam mempromosikan atau memasarkan barang dagangannya. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu dengan cara menganalisis strategi komunikasi pemasaran produk yang dilakukan oleh akun facebook Mentari Buah. Peneliti mendapatkan data tersebut melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang telah diperoleh tersebut di analisis menggunakan konsep Miles and Humberman yang meliputi Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan (Conclusion Drawing). Dari penelitian yang telah dilakukan, terdapat dua kesimpulan, yaitu 1) Proses strategi pemasaran yang dilakukan oleh Mentari Buah dalam mempromosikan produk yang mereka jual melalui media sosial facebook dengan cara mengaplikasikan prinsip pemasaran yang terdiri dari 5P (product; produk-produk yang di unggah dan di tawarkan pihak Mentari Buah kepada pelanggan berupa beberapa macam produk yang mereka jual. Price: Mentari Buah menggunakan sistem harga promo untuk menarik perhatian konsumen. Place: selain strategis, toko Mentari Buah juga memberikan tempat yang nyaman. Promotion; Mentari Buah menggunakan media sosial facebook untuk mennyebarkan informasi kepada khalayak. Serta people; memberikan pelayanan kepada konsumen melalui pekerja toko yang berpengalaman) dan ditunjang dengan beberapa fitur yang telah disediakan di platform facebook seperti caption, chatting, group, comment, dan share. 2) Faktor penghambatnya yaitu Terdapat banyak akun facebook yang menjual barang dagangan yang sama, Adanya akun facebook pulsu yang bertujuan untuk memperburuk citra atau nama baik Mentari Buah, serta masih terjadinya miss communication antara admin facebook mentari buah dengan pelanggan yang berada di facebook. Adapun faktor pendukungnya yaitu memberikan informasi terkait produk yang akan datang di hari berikutnya, terdapat beberapa fitur yang dapat digunakan, produk Mentari Buah yang berkualitas, serta pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Facebook, dan Promosi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Abdullah, Windowindo.mhs@iaincurup.ac.id
Anrial, Anrialanrialma@gmail.com
Kurnia Syaputri, Intanintankurniasyaputri@iain.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LA History of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 23 Jul 2024 08:12
Last Modified: 23 Jul 2024 08:12
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6939

Actions (login required)

View Item View Item