Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SD Negeri 4 Rejang Lebong

nurbaiti, nurbaiti and Harmi, Hendra and Yunita Putri, Rizki (2024) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SD Negeri 4 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
Skripsi Nurbaiti.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK NURBAITI, NIM. 20591135 “Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SD Negeri 4 Rejang Lebong”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatar belakangi hasil belajar siswa yang rendah karena pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas V SD Negeri 4 Rejang Lebong, 2) Mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas V SD Negeri 4 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian kuasi eksperimen nonequivalent control grup design. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas V yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial yang diajar menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle secara signifikan lebih tinggi dari siswa yang diajar menggunakan metode konvensional, 2) Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa, maka dapat disimpulkan bahwa bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas V SD Negeri 4 Rejang Lebong. Kata Kunci: Strategi, Crossword Puzzle, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
nurbaiti, nurbaitinurbaiti.mhs@iaincurup.ac.id
Harmi, Hendrahendra.harmi@iaincurup.ac.id
Yunita Putri, Rizkirizkiyunitaputri@gmail.com
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 23 Jul 2024 08:00
Last Modified: 23 Jul 2024 08:00
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6938

Actions (login required)

View Item View Item