Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Mengembangkan Critical Thinking dan Computational Thinking Skill Mahasiswa PAI Pascasarjana IAIN CURUP

Utami, Pingki and Karolina, Asri and Apriani, Eka (2024) Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Mengembangkan Critical Thinking dan Computational Thinking Skill Mahasiswa PAI Pascasarjana IAIN CURUP. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Pingki Utami.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan pengembangan computational thinking skill untuk menguji suatu pendapat atau ide, untuk menilai suatu pemikiran, menafsir nilai bahkan mengevaluasi pelaksanaan atau praktik suatu pemikiran dan nilai tersebut. Sedangkan tujuan pengembangan critical thinking skill untuk mengasah pengetahuan logis, mengasah pengetahuan matematis, mengasah kemampuan komputerasi, membentuk karakter percaya diri, berpikir terbuka, toleransi serta peka terhadap lingkungan. Penerapan model Project Based Learning (PjBL) untuk mengembangkan critical thinking dan computational thinking skill mahasiswa sangat penting dilakukan oleh setiap dosen khususnya pada pascasarjana. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan secara mendalam mengenai penerapan model Project Based Learning (PjBL) untuk mengembangkan critical thinking dan computational Thinking Skill mahasiswa sangat penting dilakukan oleh setiap dosen khususnya pada pascasarjana dalam aspek mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi masalah pada proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah dosen dan mahasiswa PAI. Penelitian ini dilakukan di Pascasarjana IAIN Curup. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan ketekunan pengamatan dan triagulasi sumber serta teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa critical thinking dan computational Thinking Skill yang dikembangkan dalam penerapan model PjBL kepada mahasiswa pada aspek mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi masalah. Penerapan model PjBL sangat sesuai diterapkan di Pascasarjana IAIN Curup yakni pada prodi PAI Pascasarjana, dengan pendekatan yang mengintegrasikan pemahaman tujuan, analisis konteks, fleksibilitas, komunikasi yang efektif, dan kerja sama tim adalah kunci untuk mencapai hasil yang diinginkan dalam berbagai proyek atau tindakan, baik dalam konteks akademik maupun profesional. Mengembangkan kemampuan critical thinking mahasiswa pada aspek mengidentifikasi menggunakan beberapa metode, model dan pendekatan pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu diskusi, tanya jawab, tugas kelompok, project, kolaboratif bentuk pengajaran dengan melaksanakan kegiatan dimana mahasiswa yang memberikan informasi sesama mahasiswanya dengan cara menjelaskan secara lisan dan juga melalui presentasi dari mahasiswa. Sedangkan model pembelajaran yang dapat diterapkan diantaranya model pembelajaran yang PjBL. Mengembangkan kemampuan computational thinking skill yakni dengan pendekatan yang mengintegrasikan pemahaman tujuan, analisis konteks, fleksibilitas, komunikasi yang efektif, dan kerja sama tim adalah kunci untuk mencapai hasil yang diinginkan dalam berbagai proyek atau tindakan, baik dalam konteks akademik maupun profesional. Sedangkan model yang digunakan yaitu project based learning (PjBL) pembelajaran berbasis riset. Melalui penerapan model PjBL, mahasiswa Pascasarjana Program Studi PAI di IAIN Curup mampu mengembangkan critical thinking dan computational Thinking Skill yang penting dalam memahami dan menghadapi tantangan kompleks dalam konteks agama Islam serta dunia modern yang terus berubah.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Utami, Pingkipingki.mhs@iaincurup.ac.id
Karolina, Asriasrikarolina@gmail.com
Apriani, Ekaeka.apriani@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:56
Last Modified: 17 Oct 2024 03:53
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6933

Actions (login required)

View Item View Item