Pahrepi, Moh Reza and Yanto, Murni and Misriani, Agita (2024) Analisis Lagu Kala Sang Surya tenggelam karya guru Soekarnoputra dalam film gadis kretek (kajian Semiotika). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
ANALISIS LAGU KALA SANG SURYA TENGGELAM.pdf Download (1MB) |
Abstract
Lagu Kala Sang Surya Tenggelam Mengadung irama yang mendayu dengan nuansa klasik, di bandingkan dengan lagu-lagu lain pada lagu ini kedalaman makna lagu ini memiliki makna yang sangat dalam atau menyentuh hati secara pribadi maka dari itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna yang terkandung dalam lirik lagu yang di sampaikan oleh lirik lagu tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sementara teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis semiotika Ferdinand de Saussure fokus pada pertanda dan penanda serta hubungan sintagmatik dan paradigmatik. Lirik lagu "Kala Sang Surya Tenggelam" karya Guruh Soekarnoputra merupakan sebuah lirik yang didalamnya terdapat tanda hubungan petanda (signified) dan penanda (signifier). Teks lirik lagu merupakan sebuah kesatuan isi antara kumpulan kata-kata, antara kata yang satu dengan kata yang satu dengan kata yang lain bekaitan dan tentunya akan memunculkan makna tersendiri bagi para penafsiannya, interpretasi orang yang satu bisa jadi berbeda dengan interpretasi orang lain. Kata kunci: Makna, Kajian Semiotika, Lirik Lagu Kala Sang Surya Tenggelam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education P Language and Literature > PN Literature (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2024 07:25 | ||||||||
Last Modified: | 31 Jul 2024 07:25 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6916 |
Actions (login required)
View Item |