Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita dengan Media Buku Siroh Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Tunas Melati

Ayu Fathona, Sonia and Yulizah, Yosi and Putri, Rizki Yunita (2024) Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita dengan Media Buku Siroh Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Tunas Melati. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Buku Siroh Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Tunas Melati.pdf

Download (880kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena terdapat anak yang belum berkembang pada aspek bahasanya, sehingga perlu upaya-upaya dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak melalui metode bercerita dengan buku siroh. Hasil dari observasi menunjukkan bahwa masalah perkembangan bahasa anak terletak pada anak yang belum memahami beberapa perintah, belum mampu mengulangan kalimat yang lebih kompleks, tidak senang dengan bacaan, tidak memahami aturan dalam suatu permainan, belum mampu berkomunikasi, dan belum mampu menyampaikan pesan atau maksud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi perkembangan bahasa anak, upaya meringkatkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun, dan hasil upaya, dan hasil upaya meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita dengan buku siroh di TK Tunas Melati. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan MC. Taggart. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, kondisi anak masih belum berkembang. Kedua, metode yang digunakan guru selama ini dengan arahan dan nyanyian dan eksperimen pada saat pembelajaran di kelas setiap harinya. Sehingga hasil metode ini hanya ada beberapa anak yang mengalami perubahan. Ketiga, upaya dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak dengan metode bercerita dengan buku siroh pada tema hewan dilakukan selama 9 pertemuan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dalam 3 siklus. Keempat, hasilnya adalah Pra Siklus menndapatkan total rata-rata 4,7 dengan kategori penilaian Belum Berkembang (BB), Siklus I meningkat menjadi 9,3 dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan Siklus II meningkat menjadi 14,5 dengan kategori penilaian Berkembang Sangat Baik (BSB). Dalam hal ini metode bercerita dengan buku siroh dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Melati. Kata Kunci: Perkembangan Bahasa, Anak Usia 5-6 Tahun, Metode Bercerita

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ayu Fathona, SoniaUNSPECIFIED
Yulizah, Yosichieyosi@iaincurup.ac.id
Putri, Rizki Yunitarizkiyunitaputri@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > LA History of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:44
Last Modified: 24 Jul 2024 02:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6895

Actions (login required)

View Item View Item