Faktor-faktor Yang Menentukan Keputusan Nasabah Menjadi Agen BRIlink (Studi Kasus Nasabah BRI Unit Sumber Bening)

Lestari, Wahyu (2018) Faktor-faktor Yang Menentukan Keputusan Nasabah Menjadi Agen BRIlink (Studi Kasus Nasabah BRI Unit Sumber Bening). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUTUSAN NASABAH MENJADI AGEN BRILINK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini perkembangan dan pertumbuhan perbankan sampai saat ini terus mengalami peningkatan. Perkembangan dan peningkatan tidak terlepas dari nasabah karena nasabah merupakan kekuatan penting bagi bank. Salah satu bank yang menghadirkan kekuatan nasabah menjadi lebih penting adalah BRI Unit Sumber Bening. Walaupun demikian masih saja ada masyarakat yang tidak mau berhubungan dengan bank, padahal jelas bank membatu masyarakat yang membutuhkan. Adapun penelitian bermaksud untuk mengetahui 1) Bagaimana Pelaksanaan Program Laku Pandai (Agen BRILink) di BRI Unit Sumber Bening, 2) Apa saja Faktor-faktor Yang Menentukan keputusan nasabah menjadi agen BRILink. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) menggunakan pendekatan kualitatif merupakan penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk kata-kata dan penggambaran terhadap situasi kemudian disusun dalam kalimat yang didapatkan dari hasil wawancara, dengan sumber data yang terdiri dari data primer dan data skunder dengan subyek penelitian nasabah BRI Unit Sumber Bening dan pekerja Bank Rakyat Indonesia Unit Sumber Bening. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan Program Laku Pandai(Agen BRILink) di Bank Rakyat Indonesia Unit Sumber Bening, merupakan salah satu program yang dibawa oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan konsep pemilihan dan pelatihan kepada nasabah yang di pilih oleh BRI unit Sumber Bening menjadi agen-agen penyedia layanan. Layanan yang dilakukan antara lain seperti tarik tunai, transfer, bayar listrik, isi ulang pulsa. 2) Faktor-faktor Yang Menentukan Keputusan Nasabah menjadi agen BRILink yaitu, Pertama, Faktor pribadi yang dikelompokkan menjadi kelompok umur, orang yang mempunyai pendapatan tetap, pendidikan, jabatan, kepribadian, dan sikap terhadap resiko. Kedua, Faktor psikologi nasabah mengalami tahapan motivasi, persepsi, pembelajaran, dan memori. Ketiga, Faktor sosial dan budaya mengedepankan kelompok tertentu yang memiliki status sosial dan kelas sosial untuk menetap dalam status tersebut karena ingin dihargai dan di percaya oleh masyarakat. Kedekatan agen Dan pihak BRI, BRI memberikan kepercayaan kepada agen 100%. BRI semakin meng edukasi dan rutin melakukan pengawasan agen sehingga agen menjadi teman BRI yang mampu membantu nasabah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Lestari, WahyuUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerYusefri, YusefriUNSPECIFIED
ReviewerSyah, MabrurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Faktor; keputusan Nasabah; Agen BRILink
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2019 03:31
Last Modified: 04 Nov 2019 03:31
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/689

Actions (login required)

View Item View Item