Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Melalui Materi Teks Negosiasi Kelas X MA Baitul Makmur

Ramdhani, Mutiara and Suprapto, Suprapto and Hartati, Meri (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Melalui Materi Teks Negosiasi Kelas X MA Baitul Makmur. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS MELALUI MATERI TEKS NEGOSIASI KELAS X MA BAITUL MAKMUR.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena melihat kurangnya kemampuan peserta didik dalam hal keterampilan menulis dalam menghasilkan tulisan tatanan yang baik serta menghasilkan karya tulisan sendiri. Adapun tujuan dari penelitian. ini untuk: 1) Mengetahui nilai keterampilan menulis teks negosiasi sebelum menggunakan model pembelajaran project based learning, 2) Mengetahui nilai keterampilan menulis setelah menggunakan model pembelajaran project based learning; 3) Mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan menulis teks negosiasi. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini desain One Group Pretest Posttest. Teknik pengumpulan data ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X dengan populasi 15 siswa dan sampel nya menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan ada dua menggunakan uji statistik deskriptif dan uji statistik inferensial yaitu, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) Dari hasil proses pembelajaran sebelum menggunakan model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan menulis teks negosiasi siswa memperoleh rata-rata nilai yaitu 55,47 dikategorikan rendah. 2) Dari hasil proses pembelajaran setelah menggunakan model pembelajaran project based learning diperoleh rata rata nilai 77,67 dikategorikan baik. 3) Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan menulis teks negosiasi sangat berpengaruh, berdasarkan uji hipotesis paired sampel t test, diketahui nilai Sig. (2 tailed)=0,001 ≤0,005 maka Ho ditolak Ha diterima. Dibuktikan dengan t hitung = 4,149≥t tabel = 2,144. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan menulis. teks negosiasi siswa kelas X MA Baitul Makmur Rejang Lebong. Kata Kunci: Project Based Learning, Keterampilan Menulis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ramdhani, Mutiararamadhani.mhs@iaincurup.ac.id
Suprapto, SupraptoUNSPECIFIED
Hartati, Merimerryhartati8055@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > LA History of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:00
Last Modified: 26 Jul 2024 03:00
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6888

Actions (login required)

View Item View Item