Analisis Respons Nasabah Terhadap Penerapan Nilai-nilai Islam pada produk di Outlet BRI Syari’ah di Kepahiang

Desila, Yeyen (2019) Analisis Respons Nasabah Terhadap Penerapan Nilai-nilai Islam pada produk di Outlet BRI Syari’ah di Kepahiang. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
ANALISIS RESPONS NASABAH TERHADAP PENERAPAN NILAI-NILAI ISLAM PADA PRODUK DI OUTLET BRI SYARI’AH DI KEPAHIANG.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bank merupakan lembaga perantara keuangan sebagai prasarana pedukung untuk menunjang kelancaran perekonomian, salah satu bank Syari’ah yang ikut berkontribusi bagi perkembangan perbankan syari’ah di Indonesia adalah Outlet Bri Syari’ah. Outlet BRI Syari’ah merupakan tindak lanjut dari pengembangan perbankan syari’ah dari kelompok usaha Outlet Bri Syari’ah sebagai respons nasabah, Outlet adalah kantor pemasaran, yang hanya melakukan transaksi pembiayaan, seperti meminjam atau melakukan akad murabahah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respons nasabah terhadap penerapan nilai-nilai Islam pada produk-produk Outlet Bank BRI Syariah Kepahiang. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui accidental sampling dengan menggunakan 20 orang nasabah Outlet Bank BRI Syariah Kepahiang sebagai sampel. Metode pengumpulan data dengan memberikan kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode analisis deskriptif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan program komputer SPSS (Statistic Product and Service Solution) versi 16. Hasil penelitian mengenai penerapan nilai-nilai Islam pada produk-produk Outlet Bank BRI Syariah Kepahiang, mendapat persentase rata-rata sebanyak 82% menyatakan bahwa penerapan nilai-nilai Islam yaitu al-hurriyah (kebebasan), al-musawah (persamaan atau kesetaraan), al-‘adalah (keadilan), ash-shidq (kebenaran dan kejujuran), al-ridha (kerelaan), al-kitabah (tertulis) sudah diterapkan pada produk Outlet Bank BRI Syariah Kepahiang, sedangkan 18% dari jawaban responden lain menyatakan produk Outlet Bank BRI Syariah Kepahiang belum sepenuhnya menerapkan nilai-nilai Islam pada produknya. Hasil penelitian mengenai respon masyarakat/nasabah merespon positif terhadap produk-produk Islami Outlet Bank BRI Syariah Kepahiang, dengan akumulasi rata-rata jawaban responden sebanyak 82,17%, sedangkan sisanya dengan persentase 17,83% responden menyatakan respon negatifnya. Dengan demikian, akumulasi rata-rata penilaian responden tersebut menunjukkan bahwa masyarakat memberikan respon yang positif terhadap penerapan nilai Islam pada produk-produk Outlet Bank BRI Syariah Kepahiang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Desila, YeyenUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerIstan, MuhammadUNSPECIFIED
ReviewerAsmara, MusdaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Respon Nasabah; Nilai-nilai Islam; dan Produk Bank Syariah
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 04 Nov 2019 03:31
Last Modified: 04 Nov 2019 03:31
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/688

Actions (login required)

View Item View Item