Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka

Dianto, Aris and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Fathurrohman, Irwan (2024) Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ARIS DIANTO-TESIS MPI S2.pdf

Download (39MB)

Abstract

Nama Aris Dianto, NIM 22861003, Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka, Tesis, Program Pascasarjana IAIN Curup, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI, 2024, 185 halaman). Penelitian ini dilakukan terhadap implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 5 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan pendekatan kualitatif. Model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, and Product) digunakan untuk menilai pelaksanaan kurikulum merdeka di SMAN 5 Rejang Lebong pada kelas XI. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara, dan analisis dokumen untuk mendapatkan pemahaman komprehensif tentang implementasi kurikulum tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil evaluasi konteks KOSP yang disusun telah sesuai standar. (2) Hasil evaluasi input dilihat dari kondisi sarana dan prasarana tidak sesuai dengan standar; kondisi guru dilihat dari kualifikasi akademik, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial telah memenuhi standar, akan tetapi untuk kompetensi pedagogik dan professional tidak memenuhi standar; kondisi peserta didik dilihat dari segi kesiapan mengikuti pelajaran telah memenuhi standar, sedangkan dari segi keaktifan belum memenuhi; serta dalam hal ketersediaan modul ajar belum memenuhi standar. (3) Hasil evaluasi proses dilihat dari pembelajaran dengan suasana belajar yang interaktif, suasana belajar yang menantang serta suasana belajar yang memotivasi siswa untuk aktif telah memenuhi standar, sedangkan ditinjau dari suasana belajar yang inspiratif, suasana belajar yang menyenangkan serta guru memberikan keteladanan, pendampingan dan fasilitasi belum memenuhi standar; sedangkan dalam hal pelaksanaan asesmen dan refleksi telah sesuai dengan standar; ditinjau dari pelaksanaan P5 telah memenuhi standar; (4) Hasil evaluasi produk dilihat dari laporan hasil belajar peserta didik belum memenuhi standar sedangkan rapor P5 telah memenuhi standar; (5) Hambatan yang dihadapi pada Implementasi Kurikulum Merdeka yaitu: kurangnya peralatan dan perlengkapan laboratorium; tidak semua guru menggunakan media/ metode pembelajaran yang menarik; tidak semua guru membuat modul ajar dan kurang optimal kontribusi guru bimbingan konseling dalam merumuskan asesmen formatif. Kata Kunci: Evaluasi, Kurikulum Merdeka; CIPP

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Dianto, Arisarisdianto@iaincurup.ac.id
Hamengkubuwono, Hamengkubuwonohamengkubuwono@iaincurup.ac.id
Fathurrohman, Irwanirwan@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 23 Jul 2024 03:36
Last Modified: 23 Jul 2024 03:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6879

Actions (login required)

View Item View Item