Pengaruh Software Cabri 3D Sebagai Media Interaktif Berbasis Discovery Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VII

Pebriyani, Tia and Syahindra, Wandi and Palupi Putri, Dini (2024) Pengaruh Software Cabri 3D Sebagai Media Interaktif Berbasis Discovery Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VII. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tia Pebriyani, (2024). Pengaruh Software Cabri 3D Sebagai Media Interaktif Berbasis Discovery Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VII. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup. Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang masih tergolong rendah dan belum adanya pembelajaran media interaktif yang menggunakan software cabri 3D. Tujuan penelitian ini: 1) untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan Software Cabri 3D sebagai media interaktif berbasis Discovery Learning; 2) bagaimana proses pembelajaran dengan model Discovery Learning; 3) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah menggunakan Software Cabri 3D sebagai media interaktif berbasis Discovery Learning; 4) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah menggunakan model Discovery Learning; 5) apakah terdapat pengaruh Software Cabri 3D sebagai media interaktif berbasis Discovery Learning pada materi bangun rungan sisi datar terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan Post-test Only control group design. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster Sampling, kelas VII B sebagai kelompok eksperimen dan VII D sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Teknik analisis data dengan uji independen sampel T-test. Hasil penelitian: 1) terdapat peningkatan yang efektif aktivitas siswa rata-rata 84.52% dan aktivitas guru rata-rata 86,1% pada penerapan Software Cabri 3D sebagai media interaktif berbasis Discovery Learning; 2) terdapat peningkatan yang efektif aktivitas siswa rata-rata 86% dan aktivitas guru rata-rata 86,77% pada penerapan model Discovery Learning; 3) kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah menggunakan Software Cabri 3D sebagai media interaktif berbasis Discovery Learning mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai sebesar 85.48; 4) kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah menggunakan model Discovery Learning mengalami sedikit peningkatan rata-rata sebesar 68.92; 5) Terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan software cabri 3D dengan sig 0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan H_0 ditolak. Kata Kunci: Software Cabri 3D, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Discovery Learning, Bangun Ruang Sisi Datar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Pebriyani, Tiatia.mhs@iaincurup.ac.id
Syahindra, Wandiwandi.syahindra@gmail.com
Palupi Putri, Dinidinipalupiputri@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:06
Last Modified: 22 Jul 2024 08:06
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6874

Actions (login required)

View Item View Item