Strategi Guru Paud Dalam Menangani Anak Berkebutuhan Khusus di Ra Ummatan Wahidah

Setia Ningsih, Yesi and Rahman, Abdul and Putra, Muksal Mina (2024) Strategi Guru Paud Dalam Menangani Anak Berkebutuhan Khusus di Ra Ummatan Wahidah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
full text.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah tentang strategi guru paud dalam menangani anak berkebutuhan khusus. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan strategi guru dan peran guru dalam menangani anak berkebutuhan khusus di RA Ummatan Wahidah, 2) Untuk mendeskripsikan aspek perkembangan anak berkebutuhan khusus di RA Ummatan Wahidah. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui beberapa tahap diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan dalam penelitian ini adalah triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah strategi guru yang digunakan di RA Ummatan Wahidah ialah Strategi Cooperative Learning, memberikan guru pendamping untuk anak berkebutuhan khusus, Memberikan apresiasi untuk anak berkebutuhan khusus. Guru berperan penting dalam proses pembelajaran anak yaitu guru sebagai; 1. Inspirator (memberikan semangat untuk ABK), 2. Informator (memberikan informasi kepada ABK), 3. motivator (mengembangkan ptoses pembelajaran untuk ABK), 4. Inisiator (sebagai penemu ide-ide dalam proses pembelajaran). Dan aspek perkembangan anak yaitu ada lima aspek 1. aspek perkembangan bahasa (ABK sudah bisa mengeja hurus a – z dan bernyanyi Bersama-sama walaupun belum terlalu bisa berbicara), 2. aspek perkembangan nilai agama dan moral (sudah bisa mengenal tuhan, mengenal huruf hijaiyah dan mengaji) 3. aspek sosial emosional ( bisa bersabar menunggu giliran saat antri mencuci tangan dan mengambil makanan 4. aspek perkembangan kognitif (sudah bisa mengenal warna, nama binatang, dan bermain susun balok dan puzzle 5. aspek perkembangan fisik motorik (motorik halus dengan menulis dan motorik kasar yaitu berlari, melompat). Kata Kunci: Strategi guru, Peran Guru, Anak Berkebutuhan Khusus

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Setia Ningsih, Yesiyesi.mhs@iaincurup.ac.id
Rahman, Abdulabdulrahman04071972@gmail.com
Putra, Muksal Minamuksalminaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:24
Last Modified: 22 Jul 2024 03:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6856

Actions (login required)

View Item View Item