Alawiyah, Tuti and Amrillah, H.M Taufik and Putri, Rizki Yunita (2024) Upaya Penerapan Media Ecoprint untuk Meningkatkan Kreativitas pada Anak Usia Dini di Ra Al Hasanah Muara Megang Musi Rawas. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Upaya Penerapan Media Ecoprint Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Di RA Al Hasanah Muara Megang Musi Rawas.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
Media Ecoprint adalah salah satu cara untuk mengolah kain dengan memanfaatkan berbagai tumbuhan yang bisa mengeluarkan warna-warna alaminya. Kreativitas penting untuk dikembangkan sejak usia dini untuk membantu anak dalam memecahkan masalah. Tujuan dari penggunaan media Ecoprint yaitu untuk mengembangkan kreativitas pada anak dengan mengenalkan berbagai bentuk serta warna. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), subjek pada penelitian ini 17 orang anak di kelas B RA Al Hasanah Muara Megang Musi Rawas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa yang pertama sebelum penggunaan media Ecoprint terdapat media yang membosankan sehingga anak kurang tertarik. kedua setelah penerapan media Ecoprint kreativitas anak usia dini RA Al Hasanah Muara Megang Musi Rawas meningkat. Ketiga hal ini dapat dilihat melalui kegiatan 2 siklus yang diterapkan peneliti di RA Al Hasana Muara Megang Musi Rawas ini berarti anak memiliki kreatif yang tinggi setelah menggunakan media Ecoprint.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 03:59 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2024 03:59 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6849 |
Actions (login required)
View Item |