Analisis Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan Di Smpn 14 Rejang Lebong

Lyvia Fhadila, Intan and Bahri, Syaiful and Baryanto, Baryanto (2024) Analisis Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan Di Smpn 14 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Full Text.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana gaya kepemimpinan situasional menggunakan model pembinaan dalam interaksi kemitraan profesional, menumbuhkan pemikiran kreatif, menumbuhkan potensi manusia, dan meningkatkan kesadaran. Kajian Pendekatan Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Efektivitas Tenaga Kependidikan SMP N 14 Rejang Lebong. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya kolaborasi profesional, pemikiran inovatif, pengembangan diri, dan pemahaman gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di SMP N 14 Rejang Lebong. Penelitian ini meliputi penelitian lapangan dengan menggunakan desain penelitian lapangan kualitatif dan metodologi penelitian deskriptif untuk menganalisis dan menjelaskan gaya pendidikan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di SMP N 14 Rejang Lebong. Partisipan penelitian ini meliputi kepala sekolah, tenaga pengajar, tenaga kependidikan, siswa, satpam, dan penjaga sekolah. Sedangkan metode yang digunakan untuk memperoleh data antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Strategi yang digunakan untuk menganalisis data antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan gaya kepemimpinan situasional khususnya menggunakan model pembinaan kepala sekolah berdampak positif terhadap kinerja tenaga kependidikan. Dampak ini terlihat pada berbagai bidang seperti memotivasi, mengembangan diri, mengatasi hambatan, pencapaian tujuan, dan berbagai tantangan tertentu di kalangan tenaga kependidikan. Kata Kunci : Gaya kepemimpinan situasianal, kepala sekolah, meningkatkan kinerja tenaga kependidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Lyvia Fhadila, Intanintan@iaincurup.ac.id
Bahri, Syaifulsyaiful@iain.curup.ac.id
Baryanto, Baryantobaryanto@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:43
Last Modified: 19 Jul 2024 07:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6843

Actions (login required)

View Item View Item