Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitailitas Bank Syariah Di indonesia tahun 2010-2016

Vefriza, Winda (2018) Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitailitas Bank Syariah Di indonesia tahun 2010-2016. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS BANK SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2010-2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) secara teoritis merupakan suatu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat maupun lingkungan, namun dalam peraturan Bank Indonesia Corporate Social Responsibility (CSR) diproyeksikan dengan besaran jumlah edukasi publik atau biaya promosi. Corporate Social Responsibility (CSR) saat ini bertujuan untuk memperoleh profit (laba) selain itu juga dituntut untuk lebih mengakomodasikan kebutuhan masyarakat dan stakeholder-nya. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana Corporate Social Responsibility (CSR) yang diproyeksikan dengan biaya promosi bisa berpengaruh terhadap Profitabilitas pada Bank Syariah di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan bukti empiris pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Profitabilitas. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel penelitian ini menggunakan 5 Bank Syariah di Indonesia yang termasuk kedalam Bank Umum Syariah dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode tahun 2010-2016. Sumber data yang digunakan adalah data sekuder yang berasal dari laporan keuangan tahunan yang dikeluarkan perusahaan tiap tahun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) selama periode 2010-2016 berpengaruh secara positif terhadap Profitabilitas Bank Syariah di Indonesia dengan nilai signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh terhadap Profitabilitas Bank Syariah di Indonesia. Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) yang diproyeksikan dengan biaya promosi pada suatu Bank Syariah akan meningkatkan keuntungan (Profitabilitas).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Vefriza, WindaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerNoprizal, NoprizalUNSPECIFIED
ReviewerIstan, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR); Biaya promosi; Profitabilitas (ROA)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2019 03:31
Last Modified: 04 Nov 2019 03:31
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/683

Actions (login required)

View Item View Item