Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Smp Negeri 2 Kepahiang

Afriani, Neri and Baryanto, Baryanto and Siswanto, Siswanto (2024) Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Smp Negeri 2 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Nery Afriani.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Disiplin pengelolaan sarana dan prasarana menyangkut koordinasi seluruh kegiatan, baik berupa barang maupun benda, yang secara langsung maupun tidak langsung memperlancar proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sarana dan prasarana, termasuk ruang kelas, kursi, meja, dan struktur sekolah, merupakan beberapa faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Proses pembelajaran akan lebih efektif dan efisien apabila difasilitasi oleh prasarana dan sarana yang sesuai dan siap digunakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang bergantung pada data berupa keterangan dari subjek dan deskripsi dalam bentuk kata atau kalimat. Sumber data penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bagian sarana dan prasarana, serta Guru. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perencanaan, organisasi. pelaksanaan, pengawasan, serta faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Negeri 2 Kepahiang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perencanaan manajemen sarana dan prasarana oleh kepala sekolah dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ada. 2) pengorganisasian sarana dan prasarana berjalan baik ketika fungsi dan tugas yang diberikan dilaksanakan dengan benar. 3) pelaksanaan difokuskan untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana sekolah agar kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan lancar. 4) pengawasan sarana dan prasarana di SMP Negeri 2 Kepahiang dilakukan untuk menjaga kondisi serta mencegah penyalahgunaan. 5) faktor pendukung meliputi komunikasi dan informasi yang terus berlanjut antara guru dan murid, sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan dana. Kata kunci: Manajemen, Sarana dan Prasarana, Mutu, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Afriani, Nerineri.mhs@iaincurup.ac.id
Baryanto, Baryantobaryanto@iaincurup.ac.id
Siswanto, Siswantosiswanto@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LA History of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:08
Last Modified: 19 Jul 2024 03:08
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6819

Actions (login required)

View Item View Item