Fatimah, Siti and Azwar, Beni and Amrullah, Amrullah (2024) Strategi Guru Pai dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar di Min 03 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
FUL TEKS SITI FATIMAH.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh, bahwasanya masih ada banyak peserta didik yang kurang aktif dalam belajar,seperti kurang antusias dalam belajar, merasa bosan, siswa lebih banyak diam ketika proses pembelajaran berlangsung. Hal tersebut disebabkan beberapa faktor, yaitu: pertama dikarenakan adanya permasalahan dirumah yang kemudian di bawa oleh peserta didik ke sekolah hal ini bisa menjadi penyebab kurangnya keaktifan peserta didik dalam belajar, Merasa bosan dengan penyampaian guru sehingga itu dapat menyebabkan keaktifan peserta didik, tujuan strategi ini untuk mengetahui strategi apa saja yang di gunakan guru PAI dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar,untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi yang digunakan guru PAI dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar dan untuk mengetahui hasil dari penerapan strategi yang sudah di gunakan guru PIA.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan subjek dari penelitian ini meliputi guru sejarah kebudayaan Islam, Guru Aqidah Akhlak, Guru Al-qur’an Hadis, Guru Fiqih dan peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu observasi, wawancara,dan dokumentasi, analisis, Teknik analisis keabsahan data, menggunakan reduksi data, penyajian data (Data Display ) dan menarik kesimpulan.Dari hasil penelitian ini, ditemukan 3 strategi yang digunakan oleh guru yaitu strategi Kuis, Ice Breaking, Game (Bermain).Pelaksanaan strategi biasanya di lakukan di awal, di pertengahan pelajaran dan di akhir kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian yang di lakukan di MIN 03 Rejang lebong, strategi kuis ini dilakukan di awal kegiatan kuis yang diberikan itu berupa pertanyaan baik itu di sebutkan secara langsung maupun di tulis di kertas, strategi kui sini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan keberanian siswa, Ice breaking dilakukan di pertengahan, di awal dan di akhir kegiatan, Ice Breaking ini dilakukan untuk meningkatkan semangat siswa dalam belajar dan meningkatkan kefokusan siswa dalam belajar. Game atau permainan di lakukan di pertengahan kegiatan dan di akhir kegiatan pelajaran, game yang digunakan ini seperti game stik dan sambal bernyanyi ketik lagu berhenti siswa di beri pertanyaan, game ini dilakukan untuk meningkatkan semangat siswa dalam belajar dan untuk menghilangkan rasan kebosanan siswa, rasa kepuasan siswa dan sarangantuk dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Kata Kunci : Guru SKI, Strategi Pembelajaran, Keaktifan Peserta Didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2024 03:38 | ||||||||
Last Modified: | 19 Jul 2024 03:38 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6795 |
Actions (login required)
View Item |