Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDN 117 Rejang Lebong

Maulidia, Mutiara and Bahri, Syaiful and Idris, Muhammad (2024) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDN 117 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI MUTIARA MAULIDIA,,.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Peran merupakan aspek dinamis kedudukan (status) apabila seseorang melakukan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya maka ia telah menjalankan suatu peran. Kepala sekolah sebagai penentu kebijakan di sekolah memfungsikan perannya secara maksimal dan mampu memimpin sekolah dengan bijak dan terarah serta mengarah kepada pencapaian tujuan yang maksimal demi meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran di sekolah. Kepala sekolah adalah salah satu komponen kunci dalam dunia pendidikan yang memiliki peran signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran serta faktor penghambat dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Partisipan atau subjek dalam penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, Guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diverifikasi melalui triangulasi sumber, metode, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Mutu pembelajaran di SD N 117 Rejang Lebong sudah berjalan dengan baik dilihat dari data yang peneliti dapatkan ketika waktu penelitian, Kepala sekolah beserta guru terus berupaya untuk meningkatkanya lagi dan meningkatkan mutu pembelajaran di SDN 117 Rejang Lebong; Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDN 117 Rejang Lebong yaitu dengan mengambil peran sebagai pemimpin, manajer dan supervisor. dan untuk kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran yaitu, kurangnya pengetahuan guru terhadap kurikulum merdeka, sarana dan prasarana masih kurang memadai, ada beberapa guru yang sudah tua sehingga tidak optimal dalam mengajar dan kendala dari siswa itu sendiri. Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Mutu pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Maulidia, Mutiaramutiara.mhs@iaincurup.ac.id
Bahri, Syaifulsyaiful@iain.curup.ac.id
Idris, Muhammadmuhammadidris@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LA History of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:09
Last Modified: 19 Jul 2024 03:09
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6773

Actions (login required)

View Item View Item