Implementasi Pemasaran Pembiayaan Haji Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Curup

Kurnia, Rika (2018) Implementasi Pemasaran Pembiayaan Haji Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Curup. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI PEMASARAN PEMBIAYAAN HAJI PADA PT. PEGADAIAN (persero) CABANG CURUP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Implementasi Pemasaran Pembiayaan Haji Pada PT. Pegadaian (persero) Cabang Curup untuk mencapai tujuan perusahaan tidak akan lepas dari strategi pemasaran promosi yang akan diterapkan oleh perusahaan. Strategi promosi pembiayaan Arrum Haji yang digunakan PT. Pegadaian (persero) Cabang Curup terdapat dalam bebagai strategi promosi seperti: periklanan (advertising),penjualan (sales promotion), publisitas (publicity), penjualanpribadi (personal selling). Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui dan memahami pelaksanaan pemasaran dalam strategi promosi yang telah dilaksanakan PT. Pegadaian (persero) Cabang Curup kurang maksimal.Pendaftaran pembiayaan haji baru sedikit diketahui dari observasi peneliti hanya 2 orang yang menggunakan pembiayaan haji di PT. Pegadaian (persero) Cabang Curup. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research),sehingga untuk mengetahui analisis pemasaran promosi pembiayaan Arrum Haji pada PT. Pegadaian (persero) Cabang Curup,objek penelitian adalah PT. Pegadaian (persero) Cabang Curup. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi. Sedangkan untuk teknis analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran promosi yang digunakan pihak PT. Pegadaian (persero) Cabang Curup dalam pemasarannya menggunakan strategi promosi yang terdiri dari periklanan (advertising)dan penjualan pribadipersonal selling. Hal ini dapat diketahui bahwa strategi promosi PT. Pegadaian (persero) Cabang Curuptidak adanya karyawan khusus yang membidangi peningkatkan produk Arrum Haji, kemudian terkait dengan waktu yang terbatas dalam melakukan promosi.Dilihat dari penerapan promosi yang pada PT. Pegadaian (persero) bahwa penerapan advertising dan personal selling dapat dikatakan belum efektif, ini berakibat pada hasil promosi yang belum maksimal. Karena kurangnya waktu promosi hingga karyawan mengalami kendala dalam memasarkan pembiayaan Arrum Haji kepada masyarakat Rejang Lebong, kurangnya pemahaman masyarakat tentang pembiayaan Arrum Haji. Dalam praktinya pada PT.Pegadaian (persero) Cabang Curup pembiayaan haji ini yang berpegang pada fatwa Dewan Syariah Nasional No 92/DSN-MUI/IV/2014 tentang pembiayaan yang disertai dengan Rahn(At-tamwil Al-mautsuq Bil Al Rahn).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Kurnia, RikaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerDzar, AbuUNSPECIFIED
ReviewerKhudhori, Khairul UmamUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi; pemasaran; Strategi promosi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2019 03:31
Last Modified: 04 Nov 2019 03:31
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/677

Actions (login required)

View Item View Item