Minarni, Minarni and Kusen, Kusen and Karliana, Indrawari (2024) Analisis Penanaman Sikap Kerja Sama Dalam Meningkatkan Kecerdasan Sosial Pada Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 6 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
fulltext minarni.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari analisis penanaman sikap kerja sama dalam meningkatkan kecerdasan sosial pada siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam di SDN 6 Rejang Lebong, Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui bagaimana penanaman sikap kerja sama dalam meningkatkan kecerdasan sosial pada siswa dalam proses pembelajaran PAI di SDN 6 Rejang Lebong. (2) Mengetahui bagaimana kecerdasan sosial siswa dalam proses pembelajaran PAI di SDN 6 Rejang Lebong. (3)Mengetahui bagaimana kendala penanaman sikap kerja sama dalam meningkatkan kecerdasan sosial pada siswa dalam proses pembelajaran PAI di SDN 6 rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data meliputi (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Jenis dan sumber yang digunakan peneliti yaitu: (1) Data primer, (2) Data skunder. Pada teknik keabsahan data dalam penelitian ini pemeriksaan dengan melakukan triangulasi sumber, triangulasi waktu, triangulasi teori, triangulasi peneliti dan triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa analisis penanaman sikap kerja sama dalam meningkatkan kecerdasan sosial pada siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam di SDN 6 Rejang Lebong yaitu : (1) Penanaman sikap kerja sama pada penanaman sikap kerja sama ini guru membiasakan siswa bergaul/berteman dengan teman sebaya dalam melakukan tugas, membiasakan siswa untuk menghargai pendapat orang lain, menyadari bahwa kerja sama atau tolong menolong itu penting dan sangat menyenangkan, mengembangkan rasa empati pada diri siswa. (2) Kecerdasan sosial pada kecerdasan sosial ini terdapat prilaku empati pada teman, prilaku pro-sosial, mendengarkan efektif, mampu melakukan komunikasi dengan santun, kesadaran diri, dan etika dan situasi sosial. (3) kendala dalam penanaman sikap kerja sama pada kendala ini terdapat kendala dari dalam lingkungan dan diluar lingkungan. Hasil dari analisis penanaman sikap kerja sama dalam meningkat kecerdasan sosial pada siswa ini sudah terbukti. Hal ini terbukti dari obsevasi dan penjelasan wawancara dari guru dan siswa di kelas IV. Kemudian setalah diamati bahwa penanaman sikap kerja sama sangat bagus dan penting untuk ditanamkan pada siswa guna untuk meningkatkan kecerdasan sosial pada siswa/siswi di kelas IV. Kata kunci : Penanaman, sikap kerja sama, Kecerdasan Sosial.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun6 akun6 | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2024 07:52 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2024 07:52 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6749 |
Actions (login required)
View Item |