Pengaruh Metode Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN 3 Rejang Lebong

Janah, Nasiro Thul and Taqiyudin, Muhammad and Amrillah, H.M Taufik (2024) Pengaruh Metode Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN 3 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits dikarenakan kurang beragamnya cara mengajar yang dilakukan oleh guru sehingga kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Metode SAVI sebagai metode pembelajaran yang melibatkan siswa baik secara gerak maupun kemampuan berpikir . Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas 5 MIN 3 Rejang Lebong yang bertujuan untuk; 1) Mengetahui rata-rata hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan metode SAVI terhadap hasil belajar di MIN 3 Rejang Lebong; 2) Mengetahui pengaruh metode SAVI terhadap hasil belajar al-qur’an hadits di MIN 3 Rejang Lebong. Penelitian berbentuk kuantitatif dengan jenis Pre-eksperiment, dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttets Design. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas 5 dengan sampel 12 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil pretest dan posttest, hasil belajar siswa pada pretest sebelum menggunakan metode SAVI dalam proses pembelajaran Al Qur’an Hadits pada kelas 5, diperolah rata-rata 40.41, sedangkan posttest sesudah menggunakan metode SAVI diperoleh rata-rata 66.25. Berdasarkan hasil rata-rata posttest bahwa pembelajaran menggunakan metode SAVI dalam proses pembelajarannya memiliki hasil yang baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest; 2) Adanya pengaruh penggunaan metode SAVI terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas V MIN 3 Rejang Lebong, berdasarkan uji hipotesis paired sampel t test, diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,00 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh metode SAVI terhadap hasil belajar dalam meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas V MIN 3 Rejang Lebong. Kata Kunci : Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits, Metode SAVI

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Janah, Nasiro Thulnasirothul.mhs@iaincurup.ac.id
Taqiyudin, Muhammadmuhammadtaqiyuddin@iaincurup.ac.id
Amrillah, H.M Taufiktaufikamrillah@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:45
Last Modified: 22 Jul 2024 02:45
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6722

Actions (login required)

View Item View Item