Strategi Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dalam Mencegah Perilaku Bullying di Min 03 Kepahiang

astiana, rina and Wanto, Deri and Indrawari, Karliana (2024) Strategi Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dalam Mencegah Perilaku Bullying di Min 03 Kepahiang. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
fuultext (1).pdf

Download (7MB)

Abstract

Fenomena yang terjadi saat ini di MIN 03 Kepahiang mengenai perilaku kelas rendah baik didalam kelas maupun sedang jam istirahat banyak anak-anak yang sibuk bermain, saling menggangu, seperti mengambil pensil teman, mencoret-coret buku teman dan lain sebagainya, untuk kelas tinggi masih banyak juga anak-anak yang saling mengganggu seperti berkelahi, memukul teman, mengejek teman memanggil dengan sebutan yang kurang menyenangkan seperti dengan sebutan monyet, mencuri uang, menyembunyikan sepatu teman dan mengucilkan teman. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui strategi apa saja yang diterapkan guru mata pelajaran aqidah akhlak dalam upaya mencegah perilaku bullying di MIN 03 Kepahiang dan untuk mengetahui faktor apa saja yang dihadapi guru mata pelajaran aqidah akhlak dalam upaya mencegah perilaku bullying di MIN 03 Kepahiang Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Aqidah Akhlak, kepala sekolah dan siswa kelas IV A di MIN 03 Kepahiang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi, dan teknik untuk menguji kreadibilitas atau keabsahan data adalah teknik triangulasi data yang berupa triangulasi sumber ataupun triangulasi teknik. Strategi Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Mencegah Perilaku Bullying Di MIN 03 Kepahiang a. Memberikan Pengawasan, Himbauan dan Nasehat b. Memberikan sanksi, c. Kerja sama dengan orang tua siswa. Faktor penghambat guru dalam mencegah bullying di MIN 03 Kepahiang a. Faktor internal yaitu siswa itu sendiri. b. Faktor eksternal, Kurangnya kerja sama orang tua faktor Media social. guru mata pelajaran Aqidah Akhlak memiliki peran penting dalam mencegah perilaku bullying di sekolah melalui berbagai strategi yang diterapkan. Strategi-strategi tersebut perlu diimplementasikan secara konsisten dan berkesinambungan untuk mencapai hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
astiana, rinarina.mhs@iaincurup.ac.id
Wanto, Derideriwanto@iaincurup.ac.id
Indrawari, Karlianakarlianaindrawari@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 17 Jul 2024 08:22
Last Modified: 17 Jul 2024 08:22
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6721

Actions (login required)

View Item View Item