Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Tunarungu di SMPLB Negeri 1Rejang Lebong

Afrida, Pati and Arcanita, Rafia and Putra, Alven (2024) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Tunarungu di SMPLB Negeri 1Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Full Teks-8.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan pertama, untuk mengetahui strategi yang digunakan. dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak tunarungu di SMPLB Negeri 1 Rejang Lebong. Kedua, untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak tunarungu di SMPLB Negeri 1 Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan Kualitatif. Hasil penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan kejadian-kejadian pada kegiatan pembelajaran PAI di SMPLB Negeri 1 Rejang Lebong. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan: reduksi data, data display, dan membuat kesimpulan. Data penelitian ini diperiksa keabsahannya dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan pertama, strategi yang digunakan adalah strategi individulisasi, strategi ini digunakan karena menyesuaikan dengan perbedaan individu baik karakteristik, kebutuhan maupun secara perseorangan. Kemudiam strategi ekspositori yang mana strategi ini berpusat kepada guru, guru memegang peran yang sangat dominan menyampaikan materi kepada siswa secara verbal dan terstruktur demi tercapainya materi pembelajaran, serta materi diberikan secara pengulangan. Kedua, faktor pendukung dan penghambat pembelajaran PAI. Faktor pendukung pembelajaran PAI yang paling banyak mempengaruhi yaitu dukungan dan dorongan dari keluarga. terutama orang tua yang turut membantu proses belajar siswa dengan mendidik siswa. dirumah dan menerapkan nilai-nilai yang sudah dipelajari disekolah. Selain itu sekolah juga berperan penting demi kelancaran proses belajar mengajar anak tunarungu, seperti sekolah memfasilitasi setiap kebutuhan baik sarana maupun prasarana dan memberikan. pendidikan yang layak bagi anak tunarungu. Faktor penghambat dalam pembelajaran PAI terdiri atas (a) faktor internal (1) kurangnya konsentrasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, (2) Terhambatnya perkembangan bahasa peserta didik. Sehingga pada saat pembelajaran terkadang siswa cepat merasa jenuh dan kehilangan fokus saat proses pembelajaran. (b) eksternal; kurangnya fasilitas media pembelajaran yang kurang memadai sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif. Kata kunci: Tunarungu, PAL, Strategi Pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Afrida, Patipati.mhs@iaincurup.ac.id
Arcanita, Rafiarafiaarcanita@gmail.com
Putra, Alvenalvenputra1708@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 17 Jul 2024 08:00
Last Modified: 17 Jul 2024 08:00
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6719

Actions (login required)

View Item View Item