Implementasi Total Quality Management (TQM) Kepala Sekolah SMKIT Khoiru Ummah Rejang Lebong Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan

Elviyana, Tenti and Fathurrochman, Irwan and Bahri, Syaiful (2024) Implementasi Total Quality Management (TQM) Kepala Sekolah SMKIT Khoiru Ummah Rejang Lebong Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI TENTI ELVIYANA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM), pendidikan yang bermutu merupakan harapan dan dambaan bagi masyarakat. Sejalan dengan pesatnya tingkat perkembangan saat ini, maka tuntutan akan ketersediaan sumber daya manusia semakin tinggi. Dengan demikian, kualitas yang memadai dan output merupakan suatu yang harus dihasilkan oleh sekolah maupun madrasah sebagai satuan pendidikan yang tujuan dasarnya adalah menyiapkan manusia-manusia berkualitas baik secara intelektual maupun perannya dalam kehidupan masyarakat. Untuk itu, baik sekolah maupun madrasah harus membekali dengan kurikulum yang memadai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini dilakukan di SMKIT Khoiru Ummah Rejang Lebong yang menjadi informan kunci adalah kepala sekolah, kepala tata usaha yang berwenang di SMKIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami penerapan Total Quality Management (TQM). peran kepala sekolah, dan mengatasi kendala dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Implementasi Total Quality Management (TQM) yang ada di sekolah tersebut, kepala sekolah sudah melakukan hal positif seperti mengupayakan keefektifan proses pembelajaran dengan memotivasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kompetensinya. Standar mutu pendidikan yang ada di sekolah tersebut mengacu pada SNP (Standar Nasional Pendidikan) yang meliputi, standar isi, Standar proses, Standar kompetensi lulusan, Standar pendidik dan tenaga kependidikan, Standar sarana dan prasarana, Standar pengelolaan, Standar pembiyaan, dan standar penilaian pendidikan. Kata kunci: Mutu Pendidikan, Manajemen, Standar Mutu

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Elviyana, Tentitenti.mhs@iaincurup.ac.id
Fathurrochman, Irwanirwan@iaincurup.co.id
Bahri, Syaifulsyaiful@iain.curup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 29 Jul 2024 08:09
Last Modified: 29 Jul 2024 08:09
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6706

Actions (login required)

View Item View Item