Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert

Anggraini, Rani and Palupi Putri, Dini and Rahmadeni, Fevi (2024) Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI RANI ANGGRAINI.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan penalaran yang merupakan kemampuan yang dibutuhkan siswa untuk menganalisis situasi, membuat asumsi yang logis, menjelaskan ide dan membuat kesimpulan. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri Ciptodadi Kabupaten Musi Rawas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert, untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa dengan tipe kepribadian introvert. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti menggunakan survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Desain penelitian adalah Survei Descriptive Design. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIII dan Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIIIA SMP Negeri Ciptodadi. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling yaitu samping jenuh. Instrumen yang digunakan yaitu angket kepribadian ekstrovert dan introvert dan tes kemampuan penalaran matematis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert pada kategori tinggi mampu menguasai keempat dari indikator kemampuan penalaran matematis dengan presentase 9,09%. Adapun siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert pada kategori sedang dengan presentase 22,7% mampu menguasai indikator kemampuan penalaran matematis dengan tepat. Kemudian siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert pada kategori rendah dengan presentase 4,54% hanya mampu memenuhi indikator 1 dan 2 yaitu memberikan penjelasan dengan model, fakta, sifat-sifat, dan hubungan, dan indikator ke 2 menggunakan pola untuk menganalisis pertanyaan-pertanyaan. Sedangkan pada tipe kepribadian introvert kategori sedang dengan presentase 27,2% mampu menguasai indikator 1 yaitu memberikan penjelasan dengan model, fakta, sifat-sifat, dan hubungan, indikator ke 2 menggunakan pola untuk menganalisis pertanyaan-pertanyaan. Siswa dengan kepribadian introvert pada kategori rendah dengan presentase 36,3% hanya mampu menguasai 1 indikator kemampuan penalaran yaitu memberikan penjelasan dengan model, fakta, sifat-sifat, dan hubungan. Kata Kunci : Kemampuan Penalaran, Menyelesaikan Masalah Matematika, Tipe Kepribadian

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anggraini, Ranirani.mhs@iaincurup.ac.id
Palupi Putri, Dinidinipalupiputri@iaincurup.ac.id
Rahmadeni, Fevifevirahmadeni@iain.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:14
Last Modified: 17 Jul 2024 03:14
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6698

Actions (login required)

View Item View Item