Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI SMP Negeri 1 Rejang Lebong

Sepriani, Nilfi and Mahfuz, Mahfuz and Sagiman, Sagiman (2024) Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI SMP Negeri 1 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext...pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah dan memiliki tingkatan yang berbeda-beda, meskipun cara penyampian materi sama dan juga pada saat proses pembelajaran guru harus memperhatikan gaya mengajar Karena gaya mengajar merupakan cara guru mempermudah bagi siswa menerima materi sekaligus sebagai alat untuk meningkatkan hasil belajar,penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya mengajar guru PAI, untuk mengetahui hasil belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru PAI terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survey lapangan.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik Nonprobability sampling dengan jenis sampling insidental. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 34 siswa dari kelas 7 lokal E. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Uji t-tes satu sampel dan korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini menunjukan bawahsahnya gaya mengajar guru di SMP N 1 Rejang Lebong dinyatakan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase skor nilai responden terbanyak berada pada kategori sedang yaitu sebesar 41,18% atau sebanyak 14 orang responden dan Besaran Persentase Gaya Mengajar berdasarkan setiap aspek yaitu gaya yang digunakan yaitu gaya mengajar klasik berada pada persentase 26 %.Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh hasil ulangan sumatif tengah semester (STS) siswa di SMP N 1 Rejang Lebong dinyatakan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase skor nilai siswa terbanyak berada pada kategori sedang yaitu sebesar 44,117% atau sebanyak 15 siswa. Berdasarkan analisis korelasi product moment terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Rejang Lebong.Hal ini dibuktikan dengan hasil korelasi product moment yang menunjukkan nilai Rhitung sebesar 0,318.Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tersebut dapat diketahui dengan menggunakan koefisien determinan r2 yang dinyatakan dalam persentase, dan dari data di atas diperoleh r2 0,101124 = 10,11. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 10,11% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata Kunci : Gaya Mengajar Guru, Hasil Belajar, PAI

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sepriani, Nilfinelfi.mhs@iaincurup.ac.id
Mahfuz, MahfuzMahfuz@iaincurup.ac.id
Sagiman, Sagimansagiman@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:01
Last Modified: 17 Jul 2024 04:01
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6694

Actions (login required)

View Item View Item