Peran Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa Kelas Vi Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Kepahiang

Tuljannah, Ria and Siswanto, Siswanto and Maryati, Ana (2024) Peran Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa Kelas Vi Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Kepahiang. Sarjana thesis, Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FUL TEKS RIA TULJANNAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena peneliti melihat adanya siswa yangsopan setiap ada yang datang kesekolah selalu salam dan senyum dan disambut hangat oleh siswa MIN 03 Kepahiang, tapi masih banyak juga dijumpai siswa yang suka membolos dan berkata kurang sopan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaiman peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa kelas VI di MIN 03 Kepahiang, faktor penghambat dan pendukungnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, dan termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui langkah- langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi Teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian diketahui (1) Peran guru aqidah akhlak dalam meningkatkan akhlak siswa di MIN 03 Kepahiang tidak terlepas dari peran guru sebagaipendidik, pengajar, mediator & fasilitator, pendorong kreativitas. Guru sebagai pendidik disini untuk meningkatkan akhlak kepada Allah SWT karena telah dibekali dengan pelatihan dan peran guru sebagai pemimpin kelas, pembimbing,pengatur lingkungan, dan memberi kebiasaan-kebiasaan untuk meningkatkan akhlakul karimah siswa. Guru sebagai pengajar disini untuk meningkatkan akhlak kepada allah SWT karena guru mampu mengelola kelas dan memberikan pembelajaran atau mentransfer ilmu dengan baik dan mengajarkan peserta didik untuk salam dan berdoa sebelum belajar. Guru sebagai mediator dan fasilitator disini untuk meningkatkan akhlak kepada Allah SWT karena guru harus memotivasi siswa, guru memberikan pembelajaran dengan baik, dan mampu menerapkan metode pembelajaran dengan baik, dan membantu siswa yang belum paham materi dan belum bisa membaca al-qur‟an. Guru sebagai pendorong kreativitas siswa disini untuk meningkatkan akhlak kepada sesama teman karena saat guru mendorong kreativitas dengan cara diskusi dipembelajaran guru harus membimbing anak agar selalu menghargai teman yang memberikan pendapat.Akhlak siswa di MIN 03 Kepahiang meskipun belum secara keseluruhan siswa memiliki akhlak terpuji, namun sebagian besar sudah memiliki akhlak yang terpuji seperti: berbicara sopan dan santun, menghormati orang lain, berteman dengan siapa saja, ramah, mentaati peraturan, dan sebagainya, (2) Faktor pendukung yang meliputi: (1)adanya kerjasama antar guru, (2) fasilitas yang memadai, (3) minat dalam diri siswa, (3) Faktor penghambat yang dihadapi guru akidah akhlak dalam meningkatkan akhlakul karimah di MIN 03 Kepahiang meliputi: (1) Keluarga, (2) Android, (3) Teman sebaya. Kata kunci : Peran, Guru, Akidah Akhlak, Akhlakul Karimah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Tuljannah, Riaria.mhs@iaincurup.ac.id
Siswanto, Siswantosiswanto@iaincurup.ac.id
Maryati, Anaanamaryati@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:11
Last Modified: 17 Jul 2024 04:11
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6692

Actions (login required)

View Item View Item