Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 19 Rejang Lebong

Wagiyanto, wagiyanto and Komalasari, Bakti and Syahindra, Wandi (2024) Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 19 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltexs.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Wagiyanto. NIM:17532013. Implementasi Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 19 Rejang Lebong Tahun Ajaran 2023/2024 Model pembelajaran Discovery Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang relevan dan perlu diterapkan dewasa ini untuk meningkatkan kreativitas dan mempertajam analisis siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama sebagai salah satu model pembelajaran yang menggantikan metode pembelajaran lainnya, Implementasi model ini membutuhkan perencanaan dan evaluasi yang tepat guna mencapai hasil maksimal. Dalam penelitian ini hendak melihat bagaimana perencanaan implementasi model Discovery Learning dan evaluasi yang dilakukan guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 19 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode obervasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, karena sifatnya kualitatif maka diperlukan Setting penelitian. Adapun Setting penelitian ini adalah tempat, waktu dan subjek. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan dilapangan langsung melalui keplala sekolah dan guru PAI di SMPN 19 Rejang Lebong. Adapun teknik analasis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan verifikasi. Perencanaan dan evaluasi implementasi Discovery Learning di SMP Negeri 19 Rejang Lebong dilaksanakan setelah implementasi model Discovery Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dilakukan dengan cara melihat hasil penilaian pada proses dan penilaian akhir. Hasil evaluasi dari sekolah tersebut terlihat bahwa pada penilaian proses keaktifan dan semangat peserta didik sangat baik. Kata Kunci: Implementasi, Metode, Discovery Learning, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Wagiyanto, wagiyantowagi.mhs@iaincurup.ac.id
Komalasari, Baktibaktikomala@gmail.com
Syahindra, Wandiwandi.syahindra@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:53
Last Modified: 17 Jul 2024 03:53
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6689

Actions (login required)

View Item View Item