Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Rejang Lebonh

Utama, Nicken Diosi and Harmi, Hendra and Sumarto, Sumarto (2024) Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Rejang Lebonh. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI NICKEN FULL FIKSS 12345.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Di era pendidikan sekarang, pancasila menjadi fokus utama dalam pendidikan, hal ini terbukti dengan adanya profil pelajar pancasila. Profil pelajar pancasila tidak dapat dipisahkan dari tujuan utarna Pendidikan Agama Islam yaitu pembentukan akhlak dan budi pekerti yang sanggup menghasilkan orang orang yang bermoral. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana implementasi profil pelajar pancasila di SMA Negeri 4 Rejang Lebong, bagaimana Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Proses Pembelajaran PAI di SMA Negeri 4 Rejang Lebong, dan dampak implementasi profil pelajar pancasila di SMA Negeri 4 Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian case study research (studi kasus). Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru pendidikan agama islam kelas x, siswa kelas x, dan waka kurikulum. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknis analisis data berupa: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi profil pelajar pancasila di SMA Negeri 4 Rejang Lebong melalui penerapan pembiasaan pembiasaan sesuai dengan indikator profil pelajar pancasila seperti: sholat jamaah, sholat duha, membaca asmaul husna dan kegiatan pendukung lainnya. 2) Implementasi profil pelajar pancasila dalam proses pembelajaran PAI menunjukkan ada tiga tahapan yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. 3) Dampak implementasi profil pelajar pancasila seperti: meningkatnya kreativitas serta keaktifan guru dan siswa namun disamping itu jam mengajar guru menjadi berkurang. Kata kunci: Implementasi, profil pelajar pancasila, pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Utama, Nicken Diosinickendosiutama.mhs@iaincurup.ac.id
Harmi, Hendrahendra.harmi@iaincurup.ac.id
Sumarto, Sumartosumarto.manajemeno@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > LA History of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:38
Last Modified: 16 Jul 2024 08:38
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6680

Actions (login required)

View Item View Item