Penerapan Pendekatan Interaktif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Rejang Lebong

Agustina, Rosella and Nelson, Nelson and Zakiyah, Zakiyah (2024) Penerapan Pendekatan Interaktif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ROSSELLA AGUSTINA LENGKAP.pdf - Accepted Version

Download (46MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan siswa pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam seperti kurangnya minat belajar serta keaktifan siswa dalam pembelajaran dan ketertarikan mereka yang dipengaruhi oleh metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mengidentifikasi faktor-faktor terkait penerapan pendekatan interaktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Rejang Lebong. Fokus penelitian meliputi analisis penerapan pendekatan pembelajaran interaktif dan interaksi yang terjadi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMAN 01 Rejang Lebong, evaluasi dampak dari penerapan pendekatan pembelajaran interaktif terhadap partisipasi dan pembelajaran siswa, serta identifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendekatan pembelajaran interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Partisipan penelitian terdiri dari siswa kelas XI, guru Pendidikan Agama Islam, dan pihak terkait di SMA Negeri 1 Rejang Lebong. Data dikumpulkan melalui pengamatan langsung, dan wawancara terstruktur untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang penerapan pendekatan interaktif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan (1) Pelaksanaan pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Rejang Lebong berjalan lancar dengan sistem pembelajaran yang berorientasi kepada peserta didik; (2) Pendekatan interaktif, siswa lebih aktif terlibat dalam proses belajar melalui diskusi, tanya jawab, dan kegiatan interaktif lainnya. (3) Faktor pendukung tersebut meliputi dukungan yang diberikan oleh pihak sekolah kepada guru PAI, seperti ketersediaan laptop, infocus, alat-alat praktik, dan peraga. Selain itu, pihak sekolah juga memberikan dukungan dalam perencanaan, evaluasi, dan pelatihan bagi guruPAI. Kata kunci: pendekatan; pendidikan agama islam; pendekatan interaktif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Agustina, Rosellarosella.mhs@iaincurup.ac.id
Nelson, Nelsonnelsoncurup@gmail.com
Zakiyah, Zakiyahzakiyah@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LA History of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:11
Last Modified: 17 Jul 2024 07:11
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6677

Actions (login required)

View Item View Item