Penerapan Kurilulum Merdeka Dalam Pembelajaran PAI di SMAN 8 Rejang Lebong

Anggraini, Revita Putri and Harmi, Hendra and Sumarto, Sumarto (2024) Penerapan Kurilulum Merdeka Dalam Pembelajaran PAI di SMAN 8 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 8 REJANG LEBONG.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan rencana konsep Pendidikan yang mendorong dalam kebebasan, fleksibilitas, dan kreativitas dalam proses pembelajaran banyak sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka ini salah satunya SMA N 8 Rejang Lebong yang telah menerapkan sejak awal pembelajaran semester satu tahun 2023. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Kualitaif dengan pendekatan Field Research. Pendekatan ini bertujuan untuk memberaikan gambaran umum dan transparan tentang bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 8 Rejang Lebong. Proses pengumpulan data menggunakan 3 teknik diantaranya wawancra, observasi, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis berupa reduksi data, penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 8 Rejang Lebong meliputi tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan penerapan kurikulum ini berupa pelatihan tentang penerapan kurikulum merdeka berupa capaian pembelajaran (CP), modul ajar, alur tujuan pembelajaran (ATP). Pelaksanaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi strategi, metode, media, dan sarana yang menunjang proses pembelajaran. Strategi yang digunakan yaitu problem based learning dan project basic learning. Evaluasi dari penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan 3 penilaian, yaitu asesmen diagnostic yang dilakukan setiap awal pembelajaran, asesmen formatif yang dilakukan pada saaat pembelajaran, dan asesmen sumatif yang dilaksanakan pada akhir semester atau akhir pembelajaran. Kata Kunci: Penerapan, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anggraini, Revita Putriravitaanggraini@iaincurup.ac.id
Harmi, Hendrahendra.harmi@iaincurup.ac.id
Sumarto, Sumartosumarto.manajemeno@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > LA History of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:44
Last Modified: 16 Jul 2024 08:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6670

Actions (login required)

View Item View Item