Pemahaman Guru Bk Terhadap Pengelolaan Layanan Bk Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di Smp Negeri 9 Rejang Lebong

Andini, Azzah Novitri and Sumarto, Sumarto and Febriansyah, Febriansyah (2024) Pemahaman Guru Bk Terhadap Pengelolaan Layanan Bk Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di Smp Negeri 9 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Instritut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI_AZZAH NOVITRI ANDINI_(20641007).pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki permasalahan guru BK terhadap latar belakang dan tujuan, karakteristik dan pengelolaan layanan BK di kurikulum merdeka belajar, bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan pemahaman guru BK tentang latar belakang dan tujuan kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 9 Rejang Lebong, pemahaman guru BK tentang karakteristik dan pemahaman guru BK tentang pengelolaan layanan BK dalam kurikulum merdeka belajar. Kemendikbudristek dengan tujuan sistem pendidikan nasional ditambah dengan proyek penguatan profil pelajar pancasila, yang terjadi di lapangan khususnya yang terjadi di SMP Negeri 9 Rejang Lebong, menunjukan bahwa guru BK ada sebagian yang sudah memahaminya dan ada juga sebagian yang belum memahaminya. Penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data yang dipakai menggunakan instrumen berupa: observasi, wawancara, dokumentasi, jenis penelitian, pendekatan deskriptif, jenis data, sumber data, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, teknik keabsahan data, triangulasi data sumber dan metode secara mendalam terhadap informan. Objek penelitian ini yaitu guru BK. Hasil penelitian yang telah diperoleh informasi tentang Pemahaman guru BK tentang latar belakang dan tujuan kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 9 Rejang Lebong, pemahaman guru BK tentang latar belakang dan tujuan kurikulum merdeka belajar, sebagian sudah di pahami oleh guru BK tetapi ada sebagian yang belum dipahami. Pemahaman guru BK tentang karakteristik kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 9 Rejang Lebong, pemahaman guru BK tentang karakteristik kurikulum merdeka belajar sebagian sudah dipahami, tetapi ada sebagian yang belum dipahami terutama bagian mengimplementasikan layanan BK. Pemahaman guru BK tentang pengelolaan layanan BK dalam kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 9 Rejang Lebong, pemahaman guru BK tentang pengelolaan layanan BK dalam kurikulum merdeka belajar, sebagian sudah ada yang dipahami tetapi sebagian ada yang belum paham terutama pada aspek pelaksanaan dan evaluasi. Berdasarkan hasil tersebut di sarankan kepada guru BK untuk mengikuti pelatihan tentang bagaimana pelaksanaan layanan BK dalam Kurikulum merdeka belajar. Kata Kunci : Guru bimbingan konseling,kurikulum merdeka belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Andini, Azzah Novitriazzahnovitri1120@gmail.com
Sumarto, Sumartosumarto.manajemeno@gmail.com
Febriansyah, Febriansyahfebriansyah@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:14
Last Modified: 16 Jul 2024 08:14
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6655

Actions (login required)

View Item View Item