Pengaruh Insentif dan Reward Terhadap Motivasi Pendamping Proses Produk Halal (P3H) Dalam Mendampingi Pembuatan Sertifikasi Halal

Sandra, Lendi and Ilhamiwati, Mega and Fitmawati, Fitmawati (2024) Pengaruh Insentif dan Reward Terhadap Motivasi Pendamping Proses Produk Halal (P3H) Dalam Mendampingi Pembuatan Sertifikasi Halal. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Full text - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Lendi Sandra (20681028) : Pangaruh Insentif dan Reward Terhadap Pendamping Proses Produk Halal Dalam Mendampingi Pembuatan Sertifikasi Halal Insentif merupakan stimulasi atau rangsangan yang dirancang untuk mendorong seseorang atau kelompok orang untuk bertindak atau berperilaku sesuia dengan tujuan, seperti halnya yang dilakukan BPJPH dan LP3H IAIN Curup untuk mendorong P3H supaya aktif mendampingi pembuatan sertifikasi halal dan mencapai target yang ditentukan. Reward atau penghargaan suatu ganjaran yang diberikan sebagai hasil dari suatu tindakan sehingga seseorang termotivasi untuk malakukan hal tersebut. Namun faktanya mahasiswa, penyuluhan agama, guru dan lainnya yang sudah dinyatakan lulus sebagai pendamping proses produk halal (P3H) IAIN Curup dan juga sudah mengikuti pelatihan, hanya ada beberapa yang melakukan pendampingan pembuatan sertifikasi halal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pangaruh insentif dan reward tarhadap motivasi P3H dalam mendampingi pembuatan sertifikasi halal. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriftif, dengan teknik analisis data menggunakan program komputer SPSS 26. Data diperoleh melalui kuesioner dari populasi P3H IAIN Curup yang aktif mendampingi pembuatan sertifikasi halal, yang berjumlah 75 orang. Penelitian ini mengunakan penelitian populasi dengan 75 orang berdasarkan teori Suharsimi Arikunto. Teknik analisis data meliputi uji instrumen, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji t insentif (X1) apabila thitung 5,201 lebih besar dari ttabel 1,666 (5,201 > 1,666) dengan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) hal ini menunjukkan variabel insentif (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi (Y). Reward (X2) apabila thitung 18,000 lebih besar dari ttabel 1,666 (18,000 > 1,666) dengan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) hal ini menunjukkan variabel reward (X2) berpengaruh positif dan signifiksn terhadap motivasi (Y). Sedangkan uji F nilai Fhitung = 400,90 dan Ftabel = 3,12 diketahui signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 400,90 > 3,12 hasil berikut berarti bahwa variabel bebas insentif (X1) dan reward (X2) berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap variabel terikat motivasi (Y). Kata Kunci : Insentif, Reward, Sertifikasi Halal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sandra, Lendilendi@iaincurup.ac.id
Ilhamiwati, Megamegailhamiwati@iaincurup.co.id
Fitmawati, Fitmawatifitmawati@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:00
Last Modified: 16 Jul 2024 08:00
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6652

Actions (login required)

View Item View Item