Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Program Kewirausahaan Di Sdit Juara Rejang Lebong

Agustini, Ranti and Zulaiha, Siti and Dewi, Jauhari Kumara (2024) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Program Kewirausahaan Di Sdit Juara Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Ranti.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah SDIT Juara sudah menjadi sekolah yang menggunakan Kurikulum Merdeka, sesuai dengan wawancara dan observasi di SDIT Juara penulis menemukan fenomena terkait pelaksanaan P5 yang dilakukan setiap hari sabtu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam program kewirausahaan, (2) faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan Projek Peguatan Profil pelajar Pancasila (P5) dalam program kewirausahaan di SDIT Juara. Jenis penelitian kualitatif deskriptif, Subjek penelitian ini adalah guru kelas I dan IV, waka kurikulum, kepala sekolah, siswa kelas 1 dan IV. Sumber data yang dipakai yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data, menggunakan pengum pulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Kemudian penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa : 1) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam program kewirausahaan di SDIT Juara sudah diterapkan. Cara pengimplementasian projek penguatan profil pelajar pancasila adalah dengan adanya tim fasilitator, mengatur dimensi dan alokasi waktu yang dimana dilaksanakan seminggu sekali pada hari sabtu, serta modul projek sebagai acuan dalam kegiatan projek. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di implementasikan 6 dimensi. Dalam P5 memiliki tiga tahap yaitu tahap pelaksanaan, tahap perencanaan dan evaluasi. 2) Faktor pendukung yang terlibat yaitu sarana dan prasarana yang baik, antusias guru dan warga sekolah serta dukungan dari lingkungan sekitar, kerjasama antara guru dan serta adanya anggaran dana. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurikulum yang baru, kurangnya pemantauan serta perbedaan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Agustini, Rantirantiagustini@students.iaincurup.ac.id
Zulaiha, Sitisitizulaiha@iaincurup.ac.id
Dewi, Jauhari Kumarajauharikumara@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:34
Last Modified: 17 Jul 2024 03:34
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6647

Actions (login required)

View Item View Item