Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an dengan Perspektif Cognitive Behavioral Therapy (Cbt) di Ma’had Al-Jami’ah Institut Agama Islam Negeri (Iain) Curup

Wati, Fatma and Azwar, Beni and Sumarto, Sumarto (2024) Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an dengan Perspektif Cognitive Behavioral Therapy (Cbt) di Ma’had Al-Jami’ah Institut Agama Islam Negeri (Iain) Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI_FATMAWATI_(20641015).pdf

Download (6MB)

Abstract

Fatmawati. 2024. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Perspektif Cognitive Behavioral Therapy (CBT) Di Ma’had Al-Jami’ah Institut Agama Islam Negeri (Iain) Curup. skripsi, program studi bimbingan dan konseling pendidikan Islam, fakultas tarbiyah, institut agama Islam negeri (IAIN) Curup. Adapun tujuan penelitian 1. Untuk mengetahui Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an santri ma’had Al-Jami’ah IAIN Curup 2. Untuk mengetahui Bagaimana peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur’an santri ma’had Al-Jami’ah IAIN Curup 3. Untuk Mengetahui Apakah kelebihan dan kekurangan kemampuan menghafal Al-Qur’an santri dari perspektif Cognitive Behavioral Therapy (CBT). Penelitian ini menggunakan metode Mixed method (menggabungkan antara dua metode yaitu kuantitatif dan kualitatif) Model penelitian yang dipakai adalah sequential explanatory desaign yang mana pada desain ini metode kuantitatif urutan pertama dan urutan kedua menggunakan kualitatif. Sedangkan dalam teknik pengambilan Sampel peneliti menggunakan Non Probability Sampling yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling. Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel dengan menentukan kriteria-kriteria tertentu. Hasil dari penelitian ini santri Ma’had al-ja I’ah IAIN Curup diberikan perlakuan pembenahan diri melalui Cognitive Behavioral Therapy (CBT) adapun sebelum diperlakukan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dalam evaluasi pembelajaran ada 13 santri yang tidak tuntas dengan persentase 55,17% sedangkan ketika sudah perlakukan pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dapat di katakan terus meningkat hal ini dapat dilihat dari evaluasi pertama ada 7 santri yang tidak tuntas dengan persentase 76%, evaluasi kedua terdapat 3 santri yang tidak tuntas dengan persentase 80% dan evaluasi ketiga terdapat 1 santri yang tidak tuntas dengan persentaase 96,5%. Kata kunci: Kemampuan Menghafal dan Cognitive Behavioral Therapy (CBT)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Wati, Fatmafatmasari2101@gmail.com
Azwar, Benibeniazwar1967@gmail.com
Sumarto, Sumartosumarto.manajemeno@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: akun5
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:08
Last Modified: 16 Jul 2024 08:08
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6646

Actions (login required)

View Item View Item