Pengaruh Model Pembelajaran Round Robin Brainstorming (Rrb) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipas Kelas Iv SD Negri 17 Rejang Lebong

Yanti, Rani Fitri and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Ningtyas, Amanah Rahma (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Round Robin Brainstorming (Rrb) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipas Kelas Iv SD Negri 17 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI RANI FITRI YANTI FIX LENGKAP.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru menyebabkan siswa tidak terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga berpengaruh pada rendahkan kemampuan berpikir kritis siswa. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Round Robin Brainstorming (RRB). Model pembelajaran Round Robin Brainstorming (RRB) dapat memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh siswa dalam belajar berkelompok, sehingga tidak ada siswa yang mendominasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Round Robin Brainstorming (RRB) terhadap kemampuan berpikir siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 17 Rejang Lebong. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Eksperimen Semu (Quasi Eksperiment) dengan desain penelitian Non equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan teknik Random Sampling. Random Sampling adalah teknik pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu.. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan metode Round Robin Brainstorming (RRB) dan kelas IV A sebagai kontrol yang diberi perlakuan metode ceramah. Pengambilan data menggunakan instrumen pretest dan posttest berbentuk soal essai yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, observasi, serta dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan hasil post-test bahwa nilai rata-rata ketercapaian indikator keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 51,50% (cukup) dan kelas kontrol sebesar 41,92% (cukup). Selanjutnya, terdapat peningkatan rata-rata nilai kelas eksperimen dari nilai sebesar 53,75 meningkat menjadi 85,00, nilai rata-rata tersebut lebih tinggi dibandingankan dengan kelas kontrol, dari nilai sebesar 37,25 menajdi sebesar 66,50. Hasil uji hipotesis data post-test dengan uji-T menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000, nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Round Robin Brainstorming (RRB) terhadap kemampuan berpikir siswa pada pembelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yanti, Rani Fitriranifitriyanti.mhs@iaincurup.ac.id
Hamengkubuwono, Hamengkubuwonohamengkubuwono@iaincurup.ac.id
Ningtyas, Amanah Rahmaamanahrahma@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:25
Last Modified: 16 Jul 2024 04:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6642

Actions (login required)

View Item View Item