Sakina, Ummi Putri and Gunawan, Guntur and Irsal, Irni Latifa (2024) Pengaruh Strategi Pembelajaran Scaffolding Pada Zone Of Proximal Development (ZPD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MIN 03 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Fulltext.pdf - Accepted Version Download (7MB) |
Abstract
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah 1) Mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep dengan strategi pembelajaran Scaffolding pada Zone Of Proximal Development dengan siswa dengan strategi pembelajaran konvensional; 2) Mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa yang memiliki ZPD pada tingkat perkembangan aktual dengan siswa yang memiliki ZPD pada tingkat perkembangan potensial ; 3) Mengetahui pengaruh interaksi dari strategi scaffolding pada zone of proximal development (ZPD) terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa ; 4) Mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa yang diterapkannya strategi pembelajaran scaffolding pada siswa yang memliki ZPD di tingkat perkembangan aktual dengan siswa dengan strategi konvensional ; 5) Mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan diterapkannya strategi pembelajaran scaffolding pada siswa yang memliki ZPD di tingkat perkembangan potensial dengan siswa yang belajar dengan strategi konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Dengan desain nonquivalent control grup. Populasi penelitian yaitu 60 siswa kelas IV MIN 03 Kepahiang dan sampel yang digunakan adalah 52 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep. Instrument yang digunakan adalah tes uraian yang sudah valid dan reliable. Data dianalisis menggunakan uji paired sample T-test, analisis uji anava dua jalur dan dilanjutkan dengan uji tuckey. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kemampuan pemahaman konsep siswa dengan strategi scaffolding pada Zone Of Proximal Development lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep siswa dengan strategi konvensional; 2) Kemampuan pemahaman konsep siswa yang memiliki ZPD pada tingkat perkembangan actual lebih tinggi dibandingkan kemampuan pemahaman konsep siswa yang memiliki ZPD pada tingkat perkembangan potensial; 3) Terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran scaffolding pada Zone Of Proximal Development terhadap kemampuan pemahaman konsep; 4) Kemampuan pemahaman konsep yang memiliki ZPD pada tingkat perkembangan aktual lebih tinggi belajar dengan strategi konvensional dibandingkan dengan strategi scaffolding ; 5) Kemampuan pemahaman konsep yang memiliki ZPD pada tingkat perkembangan potensial lebih tinggi dengan strategi scaffolding dibandingkan dengan strategi konvensional Kata kunci : Strategi Pembelajaran Scaffolding, Zone OF Proximal Development, Kemampuan Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2024 02:24 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2024 02:24 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6632 |
Actions (login required)
View Item |