Pola Pendidikan Guru PAI dalam Membina Akhlak Pada Siswa di SMP IT Miftahul Jannah

Gustina, Bella Esti and Azwar, Beni and Idris, Muhammad (2024) Pola Pendidikan Guru PAI dalam Membina Akhlak Pada Siswa di SMP IT Miftahul Jannah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FUL TEKS.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan siswa yang menunjukkan akhlak yang baik dan sebagian lagi masih menunjukan akhlak yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pendidikan yang dilakukan guru PAI dalam membina akhlak siswa, keadaan akhlak siswa dan kendala pendidik dalam membina akhlak siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskripsi dan pendekatan fenomenologis untuk mengkaji mengenai pola pendidikan guru PAI dalam membina aklak pada siswa pada saat proses pembelajaran PAI. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : data primer berkaitan dengan data awal, dan data sekunder berkaitan dengan data tambahan. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru PAI dan peserta didik kelas VIII SMP IT Miftahul Jannah. Teknik pengumpulan data ; Observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data ; reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pola pendidikan guru PAI dalam membina akhlak siswa dilakukan dengan tiga pola pendidikan yaitu pola pendidikan otoriter, pola pendidikan demokrtis, dan pola pendidikan permisif. Pola pendidikan yang diterapkan oleh guru PAI menyesuaikan dengan kondisi dan keadaan siswa sehingga guru dapat menyesuaikan pola pendidikan agar proses pembinaan akhlak siswa terlaksana secara optimal. (2) Akhlak siswa tergolong menjadi dua macam yaitu akhlak mahmuda dan akhlak madzmumah. Keadaan siswa setelah dilakukan penerapan pola pendidikan pembinaan akhlak menjadi lebih optimal karena guru sudah mengenali dan memahami akhlak siswa sehingga proses pembinaan akhlak siswa dengan pola pendidikan yang dilakukan juga terjadi secara tepat. (3) Kendala yang dihadapi oleh guru PAI ada tiga macam yaitu : kendala pendidik yang terjadi karena adanya kekurangan pendidik baik dalam hal pengetahuan maupun keterampilan dalam mendidik, kendala siswa berupa masalah yang terjadi karena adanya faktor lingkungan dan juga masalah individual sehingga masalah tersebut timpul sebagai kendala pendidik dalam membina akhlak siswa, dan kendala lingkungan yang berupa kendala yang terjadi dari lingkungan dalam sekolah berupa hal-hal yang menunjang proses pembinaan akhlak baik material maupun nonmaterial. Kata kunci : Pola Pendidikan, Membina Akhlak Siwa, dan Kendala guru PAI

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Gustina, Bella Estibellaegustina.mhs@iaincurup.ac.id
Azwar, Benibeniazwar1967@gmail.com
Idris, MuhammadMuhammadidris@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LA History of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:14
Last Modified: 17 Jul 2024 04:14
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6624

Actions (login required)

View Item View Item